Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kompetensi dengan Ikut Kursus Mekanik Mobil di Yogyakarta

Kompas.com - 11/04/2023, 13:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.comOJC Auto Course merupakan lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang sudah terdaftar di Kemendikbud LKP (NPSN) No. K9997612. Fasilitas & program dari OJC Auto Course dibuat untuk melahirkan mekanik handal dan berkepribadian baik.

Selain itu OJC Course merupakan salah satu tempat uji kompetensi Lembaga Sertifikasi Kompetensi TKR di bawah naungan Dirjen Vokasi Kemendikbud dengan (LSK) No. 140/SK/TUK.LSK.OTO.TKR/09.2022.

Kompetensi mekanik otomotif tidak akan cukup bila hanya dipelajari secara autodidak semata. Terlebih lagi untuk menghasilkan mekanik yang handal dalam skala industri yang luas. Maka dari itu mengikuti kursus mekanik otomotif itu sebuah keharusan.

Terutama, bila Anda Ingin siap secara mandiri untuk membuka bengkel, memperdalam ilmu otomotif guna menunjang pengetahuan mekanik di bengkel atau bercita-cita bekerja di industri otomotif.

Selain itu, OJC telah berhasil melahirkan ratusan mekanik mobil profesional dan sudah menjalin kerjasama lebih dari 30 bengkel mobil binaan Astra yang tersebar di area Jogja Jawa Tengah.

Baca juga: Lebih Baik Belajar Nyetir Pakai Mobil Sendiri atau di Tempat Kursus?

Siswa dan instruktur OJC Auto CourseIST Siswa dan instruktur OJC Auto Course

Direktur Otomotif Jogjakarta Center (OJC) Agung Setya Budi mengatakan kompetensi mekanik otomotif tidak cukup bila hanya mengandalkan kompetensi akademik, tapi juga perlu karakter yang baik.

“Semua karyawan dan siswa di OJC Auto Course harus bersama memiliki karakter yang mulia seperti Rasulullah, agar OJC dapat menjadi wadah terbaik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan softskill dan hardskill dalam bidang otomotif,” ucap Agung.

OJC Auto Course sebagai tempat kursus otomotif di Jogja yang siap mencetak siswa menjadi mekanik profesional. Tak hanya sekadar materi biasa saja namun materi yang akan kami sajikan kepada para siswa adalah pelajaran yang menyesuaikan standar industri pabrik.

Baca juga: Mobil untuk Kursus Mengemudi Beda dengan Mobil Biasa

Dengan substansi yang diajarkan tersebut, jelas para siswa akan lebih siap dalam meniti karir sebagai mekanik handal yang berpengetahuan taraf industri.

Selain itu, tim pengajar OJC Auto Course juga berpengalaman dan paham ilmu otomotif. Dipastikan setiap materi yang diajarkan harus mampu menjadi bekal yang diingat dan diterapkan para siswa. Maka, untuk mencapai hal tersebut OJC Auto Course mengandalkan para pengajar kursus yang ahli, kompeten, dan berpengalaman dalam bidang otomotif.

Tak sampai di situ, keunggulan kursus mekanik mobil di OJC Auto Course pun juga terletak pada materi pembelajarannya yang tak hanya fokus pada 1 materi utama. Dengan kata lain, penanaman soft skill menjadi fokus bagi tim pengajar OJC Auto Course dalam membentuk pribadi siswa yang berkarakter dan kompeten. Bahkan tersedia program TUK sertifikasi kompetensi.

Baca juga: Kursus Mengemudi Perlu Bentuk Perilaku Pengendara yang Baik

Belajar ilmu otomotif untuk jadi mekanik profesional bukan sekadar memahami teori semata namun juga bisa praktik dan memiliki jam terbang tinggi. Maka dari itu, guna mencetak calon mekanik yang benar-benar profesional, OJC Auto Course selalu mengedepankan mekanisme pengajaran yang efektif dan efisien.

OJC Auto Course merupakan lembaga pendidikan otomotif yang sudah terdaftar secara resmi.IST OJC Auto Course merupakan lembaga pendidikan otomotif yang sudah terdaftar secara resmi.

Guna menunjang keterampilan para siswa maka OJC Auto Course pun turut mengadakan program magang maupun kunjungan industri. Tentu saja, dengan adanya program magang ke beberapa industri otomotif akan memberikan gambaran umum kepada para siswa bagaimana kondisi dan lingkungan di dunia industri otomotif.

Ada pun program pelatihan kejuruan otomotif mobil terdiri dari beberapa paket yang bisa kamu ambil sesuai kebutuhan. Paket kursus otomotif mobil yang bisa kamu ambil di OJC Auto Course antara lain:

Baca juga: Sepi Penumpang, PO Sumber Alam Buka Kursus Setir Bus untuk Umum

  • Program Unggulan 1 Tahun; program pelatihan ini ditujukan bagi kamu yang ingin mendalami ilmu dasar mekanik mobil dengan waktu belajar selama 12 bulan.
  • Training Centre 6 Bulan; berbeda dengan program 1 tahun, untuk kelas Training Centre ini bisa kamu ambil jika sudah memiliki ilmu dasar otomotif sebelumnya. Program pelatihan kursus ini berjalan selama 6 bulan.
  • Program Reguler Mobil Standar 2 Bulan (Privat); program paket ini dikhususkan bagi kamu yang ingin belajar tentang ilmu Dasar Otomotif dengan jumlah pertemuan 30 x 2 jam. Materi yang diajarkan antara lain berupa pengenalan peralatan kerja, pengenalan alat ukur, kinerja mobil secara umum.
  • Program sertifikasi kompetensi melalui LSK (Lembaga Sertifikai Kompetensi) sebagai pilihan bagi para mekanik yang ingin mendapatkan izin mekanik bersertifikat resmi dari lembaga kursus

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kantor OJC Auto Course yang berada di Jl. Nitiprayan RT. 01, Ngestiharjo, Bantul, D.I.Y - 55182, telpon; 0896 7356 8894, email; otomotifjogjakartacentre@gmail.com, instagram @ojcautocourse

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com