Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toprak Razgatlioglu Bakal Tes Yamaha YZR-M1 MotoGP di Jerez

Kompas.com - 10/04/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengungkapkan keinginannya untuk pindah ke MotoGP tahun depan, pebalap WSBK Toprak Razgatlioglu bakal kembali menguji YZR-M1 pada tes MotoGP di Jerez, Senin (10/4/2023) dan Selasa (11/4/2023).

Ini merupakan kesempatan kedua Razgatlioglu di atas Yamaha YZR-M1, setelah tes pertama yang dilakukan di Aragon tahun lalu. Ia akan melakukan tes bersama pebalap penguji MotoGP Yamaha yakni Cal Crutchlow.

Rencana Razgatlioglu untuk menguji motor MotoGP di Jerez minggu ini juga diungkapkan oleh Managing Director Yamaha Lin Jarvis.

Baca juga: Cek Harga Sewa Mobil Mewah untuk Lebaran, dari Camry Sampai Mercy E200

“Pertama, izinkan saya mengatakan dengan senang hati kami dapat memberi Toprak kesempatan lagi untuk mengendarai YZR-M1. Saya tidak bisa hadir di tes sebelumnya tapi kali ini saya akan berada di Jerez untuk mengikuti tes dan saya akan langsung berangkat dari sana untuk menghadiri Grand Prix Amerika di Austin akhir pekan depan,” ucap Lin Jarvis, dikutip dari Crash, Minggu (9/4/2023).

“Toprak adalah pebalap motor yang luar biasa berbakat, dan saya sangat penasaran untuk melihat kecepatannya di mesin MotoGP pabrik kami. Dia akan memiliki kesempatan untuk berkendara bersama Cal yang akan berada di sana untuk pengujian pengembangan YZR-M1 2023 kami yang sedang berlangsung,” lanjutnya.

Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1Dok. Yamaha Racing Toprak Razgatlioglu jajal Yamaha M1

Sebelumnya, Razgatlioglu memang memiliki niat untuk meninggalkan WSBK dan pindah ke MotoGP setelah kontarknya dengan Yamaha selesai pada akhir musim ini.

Meski begitu, Razgatlioglu belum bisa banyak bicara soal rencananya. Termasuk kemana dia akan mendekat ke tim mana, sebab saat ini susunan pebalap MotoGP sudah penuh.

“Belum ada yang diumumkan, tetapi sekarang saya memiliki impian untuk membalap di MotoGP. Mengapa saya tidak mencobanya di sana?,” kata Razgatlioglu.

Razgatlioglu mengetahui, peluang terbaiknya untuk bergabung dengan MotoGP kemungkinan besar adalah bersama Yamaha.

“Sebagai pembalap Yamaha, saya memiliki peluang terbaik di Yamaha. Sampai hari ini, mereka memiliki ruang untuk saya di tim pabrikan untuk tahun depan,” ucap Razgatlioglu.

Saat ini Yamaha memiliki dua motor di MotoGP yang ditunggangi oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Baca juga: Alex Marquez Sarankan Asosiasi Pebalap MotoGP Dibentuk

Reaksi Fabio Quartararo (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan) saat melihat desain baru motor tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2023 dalam acara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing's 2023 '3S Dealer Meeting' di Jakarta pada Selasa (17/1/2023).Dok. Monster Energy Yamaha Reaksi Fabio Quartararo (kiri) dan Franco Morbidelli (kanan) saat melihat desain baru motor tim Monster Energy Yamaha untuk MotoGP 2023 dalam acara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing's 2023 '3S Dealer Meeting' di Jakarta pada Selasa (17/1/2023).

Di atas kertas Yamaha akan lebih mempertahankan Quartararo yang menjadi juara dunia MotoGP 2021. Artinya jika Toprak mengincar kursi Yamaha, maka pebalap asal Turki itu mengincar posisi Morbidelli yang tampil melempem sejak 2021.

Kontrak Morbidelli dengan Yamaha diketahui juga akan berakhir pada akhir musim ini. Namun, hal yang terduga, Morbidelli justru menunjukkan beberapa performa terbaiknya pada dua seri perdana MotoGP 2023. Bahkan lebih baik dari rider andalannya Fabio Quartararo.

Baca juga: Kenapa Harga Oli Ester Lebih Mahal?

Sehingga belum dapat dipastikan apakah Razgatlioglu bisa mendapat tempat di Yamaha MotoGP dan menggeser posisi Morbidelli. Meski begitu, jika memang Razgatlioglu tak mendapat tempat di tim pabrikan Yamaha, dirinya akan mencari tim lain.

“Jika itu tidak berhasil, kami mungkin akan mencari tim lain,” kata Razgatlioglu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com