Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Tawarkan Kendaraan Komersial Siap Pakai

Kompas.com - 07/04/2023, 07:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mendukung kebijakan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dengan menyiapkan unit kendaraan komersial yang siap pakai.

Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril mengatakan, pihaknya akan membangun kepedulian masyarakat tentang kepatuhan terhadap regulasi transportasi angkutan yang berlaku secara resmi di Indonesia.

“Kami terus mendukung regulasi yang pemerintah lakukan dan terus mendorong pelanggan untuk turut serta mematuhi kebijakan ini” kata Attias Jakarta Pusat (6/4/2023).

Baca juga: BMW Indonesia Pendekatan ke Warga Palembang

Selain itu, Isuzu juga melakukan berbagai macam terobosan. Salah satunya adalah produksi Ready To Use (RTU) kendaraan komersial yang siap digunakan tanpa melakukan proses karoseri.

"Pelanggan dapat langsung mendapatkan SRUT saat melakukan pembelian RTU unit," kata Attias.

Sebagai informasi, saat ini Isuzu memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT saat pembelian dilakukan. Produk tersebut antara lain adalah Isuzu Traga Pick Up, Isuzu Traga Box, Isuzu Giga Tractor Head, All New Isuzu D-Max 1.9 dan All New Isuzu mu-X 1.9.

Pada acara yang sama, Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menjelaskan, kendaraan komersial wajib memiliki Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Sedangkan SRUT merupakan akte lahir sebuah kendaraan bermotor yang nantinya sebagai persyaratan utama untuk KIR pertama kalinya.

Baca juga: BMW Indonesia Pendekatan ke Warga Palembang

               Isuzu Dukung Kebijakan SRUT
                Isuzu Isuzu Dukung Kebijakan SRUT

“Kalau kendaraan komersial lengkap itu langsung bisa mengajukan SUT, untuk selanjutnya menuju ke SRUT,” kata Dewanto.

Pihaknya menyampaikan bahwa hingga saat ini Kementerian Perhubungan tengah gencar menerapkan Program Elektronik SRUT (E-SRUT) yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan penerbitan SRUT.

“Nantinya APM atau dealer bisa mencetak di mana saja pakai kertas blangko biasa, bisa di scan QR Code. Tentunya ini mempermudah dan mempercepat pelayanan penerbitan SRUT,” kata Dewanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com