Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Paskah, Pelayanan SIM di Jakarta Tetap Beroperasi

Kompas.com - 07/04/2023, 03:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Jumat, 7 April 2023, bertepatan dengan libur Paskah. Meski demikian, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Jakarta akan tetap beroperasi.

Informasi tersebut diunggah oleh akun resmi Satpas Polda Metro Jaya pada media sosial Instagram @satpasmetrojaya. Disebutkan bahwa pelayanan SIM, baik unit Satpas Daan Mogot, unit Satpas DKI Jakarta, unit gerai SIM, dan unit SIM keliling, tetap beroperasi seperti biasa.

Baca juga: Catat, Ini Lokasi SIM Keliling di Jakarta dan Sekitarnya

Dengan beroperasi seperti biasa, artinya pelayanan SIM akan tetap dilakukan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Begitu pula untuk SIM keliling yang berlokasi di LTC Glodok dan Mall Citraland untuk Jakarta Barat, Mall Grand Cakung untuk Jakarta Timur, Kampus Trilogi Kalibata untuk Jakarta Selatan, dan Kantor Pos Lapangan Banteng untuk Jakarta Pusat.

Dengan tetap digelarnya pelayanan SIM seperti biasa, sehingga tidak ada dispensasi bagi pemilik SIM yang masa berlaku SIM-nya habis di tanggal tersebut.

Baca juga: Lokasi Layanan SIM Keliling Terdekat di Bekasi

Untuk memperpanjang masa berlaku SIM, pihak kepolisian memberikan kemudahan dengan membuka layanan SIM keliling. Namun, perlu diingat bahwa layanan SIM keliling hanya menerima perpanjangan masa berlaku SIM A (mobil) dan SIM C (motor). Bagi pemilik SIM B1 dan B2, tetap harus melakukan perpanjangan SIM di Satpas SIM.

Ilustrasi layanan SIM KelilingKompas.com/Donny Ilustrasi layanan SIM Keliling

Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya untuk perpanjangan masa berlaku SIM adalah Rp 80.000 untuk SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, yaitu membawa fotokopi KTP, fotokopi SIM lama dan SIM asli, dan bukti cek kesehatan, serta bukti tes psikologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com