Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kirim Motor Pakai Kereta Api, Tangki BBM Wajib Kosong

Kompas.com - 06/04/2023, 19:13 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran program angkutan motor gratis (Motis) dengan kereta api masih berlangsung hingga 3 Mei 2023.

Program Motis 2023 sendiri diadakan untuk menekan jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat musim mudik Lebaran 2023.

Pendaftaran program Motis 2023 bisa dilakukan secara daring melalui laman mudikgratis.dephub.go.id atau dilakukan melalui Posko Motis di beberapa stasiun.

Biasanya, sebelum motor akan diangkut, petugas akan mengingatkan peserta untuk mengosongkan tangki BBM motor. Jika tangki BBM telah kosong, motor akan langsung ke proses packing atau pembungkusan.

Baca juga: Toyota All New Agya GR Sport Siap Tantang Honda Brio RS

Djarot Tri Wardhono, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Apimengatakan imabawan ini terkait dengan keselamatan selama proses pengiriman motor menggunakan kereta.

Tangki BBM motor harus dikosongkan sebelum dilakukan pembungkusan oleh petugas untuk menghindari terjadinya kebocoran bahan bakar saat pengangkutan. Pengosongan tangki BBM ini dapat dilakukan oleh petugas pada titik penyerahan motor,” kata Djarot kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2023).

Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Apabila tangki BBM terisi dan adanya kebocoran saat perjalanan, itu akan sangat berbahaya jika ada percikan api dan rentan terbakar.

Kemudian, peserta juga dihimbau untuk aksesoris lain seperti helm dan spion dapat dimasukkan ke dalam bagasi motor. Hal itu untuk menghindari kerusakan atau kehilangan selama pengangkutan motor.

Baca juga: Punya Presdir Baru, Mitsubishi Indonesia Akan Agresif Tahun Ini

“Kerusakan atau kehilangan pada kendaraan motor yang diakibatkan oleh pelanggaran ketentuan pengiriman merupakan tanggung jawab masing-masing peserta,” kata Djarot.

Sebagai informasi, angkutan mudik Motis akan diberangkatkan pada 11 sampai dengan 20 April 2023. Kemudian, angkutan balik Motis akan berlangsung pada 25 April hingga 4 Mei 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com