Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Menyiram Piringan Cakram Mobil yang Panas

Kompas.com - 05/04/2023, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan jauh dan melintasi medan baru, ada beberapa anjuran keselamatan dan perawatan mobil yang harus dipahami pengemudi.

Salah satunya adalah saat melewati jalan tanjakan atau turunan. Saat menghadapi situasi tersebut, kebanyakan pengguna akan sangat mengandalkan rem dan mengakibatkan disc brake alias rem cakram panas.

Miskonsepsi alias salah kaprah yang masih sering terjadi dan dilakukan pengguna mobil adalah menyiram piringan cakram yang panas dengan air supaya suhunya cepat turun. Ternyata, hal itu justru sangat berbahaya.

“Ini kekeliruan yang masih sering dijumpai dan langsung ketahuan ketika servis berkala, disc brake yang dalam keadaan panas langsung duguyur air. Ini berbahaya sekali,” kata Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani kepada Kompas.com, Rabu (5/4/2023).

Baca juga: Ciri-ciri Penipuan Jual Beli Mobil Bekas, Pelaku Pasti Pakai Kalimat Ini

Kendaraan wisata mogok di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis, (4/5/2022).KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun Kendaraan wisata mogok di tanjakan jalan alternatif Punclut, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis, (4/5/2022).

Juni menjelaskan, disc brake yang panas tidak boleh langsung diguyur air karena perubahan suhu yang mendadak bisa melemahkan komponen dan konstruksi disc brake.

“Ini ilmu metalurgi dasar, disc brake kan bahan dasarnya logam, kalau dipanaskan kemudian langsung didinginkan logam bisa jadi rapuh,” kata Juni.

Proses yang dimaksud oleh Juni disebut dengan istilah tempering. Jika hal itu dilakukan, disc brake bisa mudah patah dan pecah karena konstruksinya menjadi ringkih.

Bagi pengguna yang melewati jalanan terjal dan banyak mengandalkan rem, Juni menyarankan untuk sesekali berhenti. Tujuannya supaya suhu disc brake bisa turun secara normal.

“Istilahnya diangin-anginkan, ini langkah yang paling baik. Pokoknya disc brake enggak boleh disiram air,” ujarnya.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com