Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meredam Suhu Kabin di Campervan, Bisa Tahan Panas dan Dingin

Kompas.com - 04/04/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Campervan hingga saat ini masih salah satu jenis ubahan atau modifikasi mobil yang banyak diminati, begitu juga di Indonesia.

Biasanya, untuk mengubah mobil jadi campervan akan menyesuaikan kebutuhan pemilik mobil, begitu juga untuk biaya pembuatannya.

Campervan sendiri kerap digambarkan sebagai mobil yang digunakan untuk berkemah atau kemping. Alhasil, kendaraan ini banyak diminati oleh para petualang.

Baca juga: Ingat, Ban Vulkanisir Hanya Boleh Dipakai Kendaraan Niaga

Namun, untuk tinggal atau bermalam di dalam capervan tidaklah mudah. Harus ada beberapa hal yang disematkan agar mobil jadi tempat atau hunian sementara yang nyaman bagi penggunanya.

Maka dari itu, berbagai ide dan juga tips kerap dibagikan oleh para pengguna campervan guna menambah kenyaman saat digunakan.

Misalnya seperti menggunakan lapisan aluminium foil pada bagian gorden atau jendela campervan agar meredam dingin atau panas masuk kabin mobil.Tips tersebut dibagikan oleh pemilik akun tiktok @campervangirl01.

@campervangirl01 Pelapis alumunium untuk gorden berfungsi penahan panas atau dingin dari suhu luar #vanlife #vanlifestyle #campervanlifestyle #campervan #campervans #campervanindonesia #campervanbuild #campervanbuilds #campervanconversion #campervanconversionproject #campervancurtains #diy #vanconversion #vanbuild #vanbuildseries #vanbuildprogress #vanconversionproject #campervanlife #campervansoftiktok #vanconversionideas ? In The Forest (Acoustic Indie No Copyright) - Instrumental - Lesfm & Olexy


Menanggapi vidio tersebut, Abdul Rojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri mengatakan jika tips tersebut sangatlah berguna sebagai pelindung atau protector bagi campervan.

Campervan Foton ViewKompas.com Campervan Foton View

“Buat protektor mungkin kalau cuaca sedangn panas di dalam mobil jadi tidak terlalu panas, begitu juga sebaliknya bila cuaca sedang dingin,” kata Rojak kepada Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Antisipasi Kepadatan, Jasa Marga Tambah Toilet buat Mudik Lebaran

Menurut Rojak, ada berbagai cara untuk menambah kenyamanan yang biasanya dilakukan oleh para pemilik campervan. Bahkan, cara dari setiap pemilik campervan satu dengan yang lainya akan beda.

Maka dari itu, selama ide tersebut diperuntukan untuk kebaikan dan kenyamanan penggunanya, maka tidak ada salahnya menggunakan lapisan aluminium pada jendela campervan.

“Tidak mutlak harus, tapi kreativitasnya bisa diterapkan, tergantung selera, dan secara fungsi memang betul,” kata Rojak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com