Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Meredam Suhu Kabin di Campervan, Bisa Tahan Panas dan Dingin


JAKARTA, KOMPAS.com – Campervan hingga saat ini masih salah satu jenis ubahan atau modifikasi mobil yang banyak diminati, begitu juga di Indonesia.

Biasanya, untuk mengubah mobil jadi campervan akan menyesuaikan kebutuhan pemilik mobil, begitu juga untuk biaya pembuatannya.

Campervan sendiri kerap digambarkan sebagai mobil yang digunakan untuk berkemah atau kemping. Alhasil, kendaraan ini banyak diminati oleh para petualang.

Namun, untuk tinggal atau bermalam di dalam capervan tidaklah mudah. Harus ada beberapa hal yang disematkan agar mobil jadi tempat atau hunian sementara yang nyaman bagi penggunanya.

Maka dari itu, berbagai ide dan juga tips kerap dibagikan oleh para pengguna campervan guna menambah kenyaman saat digunakan.

Misalnya seperti menggunakan lapisan aluminium foil pada bagian gorden atau jendela campervan agar meredam dingin atau panas masuk kabin mobil.Tips tersebut dibagikan oleh pemilik akun tiktok @campervangirl01.

Menurut Rojak, ada berbagai cara untuk menambah kenyamanan yang biasanya dilakukan oleh para pemilik campervan. Bahkan, cara dari setiap pemilik campervan satu dengan yang lainya akan beda.

Maka dari itu, selama ide tersebut diperuntukan untuk kebaikan dan kenyamanan penggunanya, maka tidak ada salahnya menggunakan lapisan aluminium pada jendela campervan.

“Tidak mutlak harus, tapi kreativitasnya bisa diterapkan, tergantung selera, dan secara fungsi memang betul,” kata Rojak.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/04/170100015/cara-meredam-suhu-kabin-di-campervan-bisa-tahan-panas-dan-dingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke