Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kepadatan, Jasa Marga Tambah Toilet buat Mudik Lebaran

Kompas.com - 04/04/2023, 15:00 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mewujudkan mudik yang aman, nyaman dan berkesan melalui jalan tol, Jasa Marga meningkatkan sejumlah pelayanan operasional serta penerapan teknologi untuk memudahkan perjalanan pengguna jalan.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, mengatakan, pihaknya menyiapkan beberapa upaya untuk meningkatkan layanan baik di sepanjang jalur maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana, peralatan, maupun petugas di lapangan.

Di Lebaran 2023 ini, Jasa Marga menambah 20 unit Traffic Counting sehingga total menjadi 44 unit yang berfungsi sebagai indikator yang akan menjadi rekomendasi pengaturan dan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Bisa Kedaluwarsa?

Rest Area KM 57 A pada H-6 Lebaran, Selasa (26/4/2022).Kompas.com/Suhaiela Bahfein Rest Area KM 57 A pada H-6 Lebaran, Selasa (26/4/2022).

Kemudian, Jasa Marga juga melakukan pengembangan fitur Dynamic Message Sign (DMS) berbasis Estimated Time Arrival (ETA) dan terintegrasi dengan Rest Area Management System (RAMS) sehingga dapat memberikan estimasi waktu perjalanan dan kapasitas rest area.

“Tidak hanya di lajur, kepadatan yang juga berpotensi terjadi di rest area, juga diantisipasi oleh Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Related Business. Di antaranya dengan menambah bilik toilet sebanyak 588 bilik sehingga total menjadi 1.772 bilik,” ujar Lisye, dalam keterangan tertulis (3/4/2023).

“Mengoperasikan indikator pengukuran kepadatan di rest area dengan Rest Area Management System (RAMS) hingga berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengamanan dan pengaturan kendaraan di dalam rest area,” kata dia.

Baca juga: Tambah Grand Vitara, Cek Harga Mobil Hybrid Jelang Lebaran

Tak ketinggalan, Jasa Marga turut melakukan peningkatan pelayanan lalu lintas di jalur, dengan menambah 31 unit kendaraan derek menjadi total 167 unit.

Lalu, penambahan perlengkapan untuk percepatan penanganan gangguan kendaraan, hingga menambah sarana prasarana lalu lintas seperti penambahan 4.123 unit rubbercone menjadi total 11.384 unit serta penambahan rambu rekayasa lalu lintas.

Tidak hanya itu, Jasa Marga juga menyediakan sepeda motor khusus untuk distribusi BBM darurat di Jalan Layang MBZ.

Sedangkan untuk layanan transaksi di gerbang tol, Jasa Marga menambah 651 petugas on call termasuk di dalamnya personil pengarah lalu lintas serta penambahan 42 unit Mobile Reader menjadi 488 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com