BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Lexus

Pertegas Visi Lexus Electrified, Lexus Pamerkan The All New Lexus RZ di GJAW 2023

Kompas.com - 14/03/2023, 12:01 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comLexus Indonesia resmi mengenalkan The All New Lexus RZ secara eksklusif pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2023) hingga Minggu (19/3/2023).

The All New Lexus RZ merupakan realisasi dari Lexus LF-Z Electrified Concept yang dipamerkan pertama kali pada 2021. Mobil premium ini menggabungkan performa berkendara dan teknologi elektrifikasi.

Kehadiran mobil tersebut semakin mempertegas visi elektrifikasi Lexus dengan menyediakan beragam pilihan kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan, serta menyajikan kemewahan personal.

Sebelum The All New Lexus RZ, Lexus juga telah meluncurkan The All New Lexus RX di Menara Astra, Jakarta Pusat, Selasa (21/2/2023).

Berbeda dengan The All New Lexus RX, The All New Lexus RZ merupakan model pertama mobil battery electric vehicle (BEV) dari Lexus. Itu berarti, Lexus kini sudah memiliki kendaraan listrik premium dengan model terlengkap, mulai dari hybrid electric vehicle, plug-in hybrid electric vehicle, hingga BEV.

Baca juga: Tampil di GJAW 2023, Lexus Perkokoh Visi Elektrifikasi dengan Pamerkan The All New Lexus RZ

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, The All New Lexus RZ hadir sebagai tonggak baru pada era elektrifikasi Lexus di Indonesia. Mobil listrik premium tersebut memiliki keunggulan dari berbagai aspek, yakni desain mobil mengagumkan, teknologi elektrifikasi terbaru, serta material ramah lingkungan.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, lanjut Bansar, The All New Lexus RZ menawarkan pengalaman mengendarai mobil listrik premium yang menakjubkan sekaligus ramah lingkungan.

“The All New Lexus RZ menjadi bukti kontribusi Lexus untuk merealisasikan carbon neutrality society,” ujar Bansar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Limitless design dengan baterai 74 kWh

Kesan kendaraan listrik premium sudah terlihat dari bentuk bodi The All New Lexus RZ. Lexus mengusung konsep limitless design bernama “Seamless E-Motion” yang dibuat khusus untuk BEV model ini. Desainnya mengadopsi bahasa desain baru Lexus, yaitu Spindle Body Concept yang berfokus pada efisiensi aerodinamis.

Pada bagian belakang, The All New Lexus RZ dilengkapi dengan L-Shaped Light Bar dan Unified Logo. Sementara, pada bagian pelek, The All New Lexus RZ menggunakan rim 20 inci dark premium metallic alloy wheels.

Perpaduan desain tersebut membuat The All New Lexus RZ memiliki tampilan yang berbeda ketimbang mobil BEV lain di pasaran. 

Mobil listrik Lexus RZ 405 E. DOK. Lexus Indonesia. Mobil listrik Lexus RZ 405 E.

Selain desain mutakhir, The All New Lexus RZ ditunjang pula dengan teknologi teranyar yang selaras dengan konsep Lexus Driving Signature, yakni Direct4 Technology (All-Wheel-Drive). Teknologi canggih dan terdepan ini mampu mengoptimalkan performa sekaligus menjaga stabilitas kendaraan sesuai kondisi jalan.

Bukan itu saja, The All New Lexus RZ sudah menggunakan platform BEV terbaru dari Lexus, yakni E-TNGA. Platform ini membuat struktur kendaraan menjadi lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien. Dengan demikian, bobot mobil menjadi lebih ringan.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Lexus RZ BEV di Indonesia

Untuk daya, mobil tersebut dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, The All New Lexus RZ mampu diajak berkendara hingga jarak tempuh 400 km. Jarak ini lebih kurang setara dengan jarak tempuh dari Jakarta menuju Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Baterai The All New Lexus RZ juga sudah dilengkapi teknologi thermal management system yang berfungsi sebagai pendingin baterai. Berkat teknologi ini, baterai mobil bisa tahan lama dan efisien. Bahkan, setelah 10 tahun pemakaian, baterainya masih dapat menampung daya sebesar 90 persen atau lebih dari kondisi awal.

Baterainya sendiri bisa diisi hingga penuh dari kondisi low-battery dalam waktu 90 menit menggunakan DC Fast Charger berdaya 50 kWh. Jika menggunakan AC Wall Charger berdaya 7,4 kWh, pengisian baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Layaknya mobil pintar terkini, The All New Lexus RZ sudah disematkan fitur drive mode dengan berbagai pilihan, yakni Normal, Sport, Eco, dan Custom. Terdapat juga mode Range yang mampu memaksimalkan jarak tempuh berkendara. Mode ini hanya ada di All New Lexus RZ.

Utamakan kenyamanan

Lexus juga telah menyematkan unsur Omotenashi pada The All New Lexus RZ melalui fitur yang berfokus pada kenyamanan pengemudi dan penumpang. Omotenashi sendiri sudah menjadi ciri khas mobil Lexus.

Di bagian kemudi, The All New Lexus RZ memiliki kokpit dengan konsep Tazuna yang mampu meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan.

Shifter atau pemindah giginya memiliki desain baru berkonsep dial-type shifter yang ringkas. Mobil elektrifikasi premium tersebut juga dilengkapi dengan voice command control, termasuk on board assistant “Hi Lexus”. Fitur ini memudahkan pengemudi mengoperasikan beberapa fitur pada kendaraan.

 

Dial-shift knob pada Lexus RZ 405 E. DOK. Lexus Indonesia. Dial-shift knob pada Lexus RZ 405 E.

Dasbornya juga sudah ditunjang 14-inch multimedia display dan Lexus Premium Surround Sound Mark Levinson yang menawarkan kenyamanan bagi pengemudi.

Hal menarik lain adalah The All New Lexus RZ menyediakan fitur Radiant Heater di bagian depan ruang kaki. Fitur ini memberikan kehangatan yang maksimal saat berkendara jarak jauh.

Tak hanya itu, mobil listrik premium tersebut juga dilengkapi fitur Lexus Safety System generasi ketiga (LSS+ 3.0) dengan tambahan advance park atau fitur parkir otomatis. Fitur ini memudahkan pengemudi yang kerap bermasalah saat memarkirkan kendaraan. Fitur ini dapat digunakan hanya dengan menekan tombol START pada multimedia display.

Lexus Virtual Omotenashi Experience

Selain mengenalkan The All New Lexus RZ, GJAW 2023 juga menjadi ajang Lexus Indonesia untuk meluncurkan virtual experience terbaru bernama Aethereum. Platform tersebut dapat diakses pelanggan pada “Lexus Omoverse” atau Lexus Virtual Omotenashi Experience di laman www.lexusexperience.com.

Melalui platform Aethereum, calon konsumen Lexus dapat mengetahui teknologi elektrifikasi dan merasakan pengalaman elektrifikasi digital yang inovatif milik Lexus.

Baca juga: Belum Ada Harga, Lexus Masih Siapkan All New RZ untuk Indonesia

Pengunjung dapat merasakan Omotenashi khas Lexus yang ditemukan di Lexus Gallery dan Immersion by Lexus secara virtual di mana pun dan kapan pun.

Pada Virtual Lexus Gallery, pengunjung dapat mengeksplorasi produk-produk Lexus secara lebih dalam. Sementara itu, pada Virtual Immersion by Lexus, pengunjung dapat melihat berbagai art piece yang penuh dengan nilai dan filosofi Lexus dari craftsmanship para pengrajin ahli atau takumi. Virtual Immersion by Lexus sendiri merupakan wujud virtual dari brand space Lexus di Menara Astra.

 

Tampilan visual Aethereum untuk menikmati virtual electrified experience dari Lexus. DOK. Lexus Indonesia. Tampilan visual Aethereum untuk menikmati virtual electrified experience dari Lexus.

Bansar melanjutkan, kehadiran The All New Lexus RZ dan Aethereum merupakan langkah konkret dari visi elektrifikasi Lexus. Ia berharap, The All New Lexus RZ menjadi kendaraan listrik yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan untuk merasakan elektrifikasi masa depan.

“Sementara itu, Aethereum dapat memberikan pengalaman virtual inovatif dan edukatif mengenai teknologi elektrifikasi Lexus,” ujar Bansar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai The All New Lexus RZ, calon konsumen dapat mengunjungi booth Lexus di GJAW 2023 di Hall B4, JCC, atau mengakses laman www.lexusexperience.com.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com