Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Lexus RZ BEV di Indonesia

Kompas.com - 13/03/2023, 19:37 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus Indonesia untuk pertama kalinya secara eksklusif memperkenalkan All New Lexus RZ berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV), yang merupakan realisasi dari mobil konsep LF-Z yang sempat beberapa kali hadir untuk dipamerkan di Tanah Air.

Menjadi produk kedua mobil listrik murni atau BEV Lexus di dalam negeri, mobil membawa sejumlah aspek menarik walaupun belum resmi dijual karena masih dalam proses homologasi dan persiapan.

Dijelaskan General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma, salah satu keunggulan pada kendaraan SUV crossover tersebut ialah pada daya baterainya yang besar yakni 71,4 kWh.

Baca juga: 10 Mobil Terlaris Februari 2023, Avanza Belum Bisa Kalahkan Brio

GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZ

"Dalam keadaan penuh, mobil dapat menempuh jarak sampai 400 kilometer. Baterai ini juga dilengkapi dengan thermal management system, yang memiliki fungsi sebagai pendingin baterai sehingga membuat baterai lebih efisien dan tahan lama," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (13/2/2023).

"Sehingga membuat baterai awet, bahkan setelah pemakaian hingga 10 tahun baterai tetap bisa menampung 90 persen," lanjut Bansar.

Untuk pengisian ulang baterai, Lexus RZ BEV memerlukan waktu sekitar 90 menit jika menggunakan DC Fast Charger dengan daya 50 kWh dari kondisi low-battery hingga baterai penuh 100 persen.

Sedangkan jika menggunakan AC Wall Charger dengan daya 7,4 kWh, pengisian ulang baterai memerlukan waktu sekitar 10 jam.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Diskon Xenia Tembus Rp 30 Juta, Livina Rp 35 Juta

All New Lexus RZ BEVKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Lexus RZ BEV

Tak hanya itu, keunggulan mobil juga terdapat pada desainnya, yang menggabungkan empat unsur Lexus Electrified, Limitless Design, Lexus Driving Signature, dan Human-Centered Technology.

Konsep Limitless Design pada Lexus RZ dinamakan Seamless E-Motion yang dibuat khusus untuk BEV model sehingga terlihat berbeda.

Dengan mengadopsi bahasa desain baru Lexus yaitu Spindle Body Concept yang berfokus pada efisiensi aerodinamis

Pada bagian belakang, dilengkapi dengan L-Shaped Light Bar dan Unified Logo, sedangkan bagian velg, The All New Lexus RZ menggunakan 20-inch Dark Premium Metallic Alloy Wheels.

"Desain pada grill tidak ada lubang radiator atau segala macam karena memang ini dibuat khusus untuk BEV Lexus," ucap Bansar.

Selaras dengan konsep Lexus Driving Signature, The All New Lexus RZ ditunjang dengan teknologi terbaru yaitu DIRECT4 Technology (All-Wheel-Drive) yang canggih.

Teknologi ini mengoptimalkan performa kendaraan sekaligus memberikan kondisi pengendaraan yang stabil sesuai dengan kondisi jalan sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan merasakan pengalaman berkendara yang paling natural dan nyaman.

Platform model tersebut, telah memakai platform terbaru khusus BEV, yaitu e-TNGA platform yang membuat struktur kendaraan lebih rigid dengan pengemasan sistem penggerak elektrik yang efisien, sehingga bobot menjadi lebih ringan.

Baca juga: Mobil Hybrid Tak Jadi Dapat Insentif, Ini Kata Toyota

Transmisi Lexus RZ BEVdok.Lexus Transmisi Lexus RZ BEV

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com