Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Karpet, Garansi Innova Zenix Hybrid Bisa Hangus

Kompas.com - 12/03/2023, 19:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan aksesori aftermarket yang berlebihan dan tidak sesuai aturan bisa memicu kerusakan pada komponen mobil. Apabila hal itu terjadi, maka garansi mobil juga bisa hangus.

Video tentang kejadian overheating baterai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid bisa dijadikan contoh. Akibat pemasangan aksesori yang salah, malah berpotensi merusak komponen mobil.

Bagian lubang ventilasi HV Battery (baterai hybrid) tertutup oleh karpet variasi. Akibatnya, sirkulasi pendinginan baterai jadi terhalang.

“Kalau sudah terhalang, baterai bisa overheat dan sistem penggerak hybrid tidak bisa digunakan,” kata Ekowati, Technical Leader Auto2000 Kalimalang Jakarta Timur kepada Kompas.com, Sabtu (11/3/2023).

Baca juga: Ubahan Sederhana Toyota Innova Zenix Bergaya Overland

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Departement Head TAM menambahkan, kerusakan komponen mobil yang disebabkan oleh variasi dan pemasangan aksesori aftermarket, bisa mengugurkan garansi mobil.

“Kerusakan itu (karena pemasangan variasi) dianggap karena kelalaian konsumen, otomatis garansi jadi gugur dan tidak tercover," kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (12/3/2023).

Didi menambahkan, pemutusan garansi tidak akan serta merta dilakukan. Bengkel resmi akan terlebih dahulu memeriksa komponen baterai dan menakar seberapa parah kerusakan yang terjadi.

"Pastinya akan diperiksa dulu dan akan kami lihat sejauh mana kerusakannya. Syukur-syukur jika hanya kerusakan minor, itu tidak akan menggugurkan garansi dan bisa kami bantu benahi. Tapi jika sudah rusak parah, berarti garansi hilang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com