Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Merawat Aki Mobil dari Rumah

Kompas.com - 24/02/2023, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peduli terhadap mobil bukan hanya tugas montir, tapi pengguna mobil juga wajib melakukannya. Bahkan, seharusnya menjadi pihak paling peduli karena mobil yang sehat tentu menguntungkan buat penggunanya.

Seperti merawat aki mobil, pekerjaan tersebut tentu menjadi kewajiban pengguna setiap ingin berkendara. Sehingga aki perlu dirawat setiap saat guna menghindari mogok di jalan.

Nah, berikut ini cara mudah merawat aki mobil dari rumah dengan alat seadanya.

Baca juga: Ketahui Penyebab Air Aki Mobil Sering Berkurang

Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum One Aki/Wawan Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan aki juga bisa dirawat dari rumah dengan alat seadanya.

“Pengendara juga bisa melakukan perawatan aki sendiri, terlebih lagi kondisi aki memang bisa menurun secara tiba-tiba, perawatannya cukup mudah tapi itu akan cukup membuat aki lebih awet,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Jumat (24/2/2023).

Dia mengatakan ada dua jenis perawatan aki yang bisa dilakukan pengguna mobil dari rumah yaitu seputar air aki dan terminal aki.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Air Aki?

Aki mobil tipe MFKompas.com Aki mobil tipe MF

“Air aki menjadi elemen yang paling sering membuat aki basah tekor atau rusak, pasalnya air aki bisa berkurang, ini yang sering diabaikan oleh pengguna mobil, padahal kalau bisa konsisten menjaga level air aki maka akan lebih awet,” ucap Iqbal.

Cara memastikan level aki mobil menurut Iqbal cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

“Ada batas minimal dan maksimal di bodi aki, pastikan level air berada di tengah-tengah, tidak kurang dan tidak lebih, isi air aki dengan air murni atau air aki kemasan biru,” ucap Iqbal.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Februari 2023

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Selain memastikan level air aki, pengguna mobil juga bisa memeriksa terminal aki sendiri di rumah.

“Pastikan terminal aki tidak korosi, karena korosi bisa membuat aliran listrik terganggu, sama dengan terminal aki yang kendor, itu juga bisa membuat aki cepat tekor karena arus pengisian aki tidak optimal,” ucap Iqbal.

Jadi, perawatan aki yang bisa dilakukan di rumah meliputi pengisian air aki sampai batas maksimal, memastikan terminal aki terikat dengan baik, dan membersihkan terminal dari korosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com