Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Hujan, Pengendara Motor Disarankan Pakai Jas Hujan Warna Terang

Kompas.com - 24/02/2023, 16:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain teknik berkendara yang aman saat musim hujan, perlengkapan wajib berupa jas hujan juga wajib diperhatikan. 

Kecelakaan bisa terjadi karena kesalahan dalam pemilihan model. Bila dilihat, banyak pengendara yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang tersangkut di rantai atau roda. Lantas bagaimana tips memilih jas hujan? 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, paling aman yaitu model setelan baju dan celana. Ukuran yang pas dengan badan mengurangi risiko jas hujan selip dan masuk kolong roda. 

"Setelan kan atas dan bawah fit ukuran badan. Enggak kedodoran yang membuat ujungnya membahayakan, bisa menempel atau tersangkut di roda," kata Sony.

Baca juga: Saat Hujan, Pengendara Motor Wajib Kurangi Kecepatan

Pemilihan jas hujan yang pas ukuran badan juga menghindari air membasahi pakaian. Hal itu, menurut Sony, penyebabnya adalah jas hujan terlalu longgar dan air menyusup dari bagian tertentu. 

Ilustrasi jas hujanIstimewa Ilustrasi jas hujan

"Air bisa masuk dari resleting atas dekat leher. Nantinya, lama-lama kan ke bawah sampai pakaian basah kuyup," katanya. 

Baca juga: Cara Mencegah Bau Apak pada Helm Saat Musim Hujan

Masalah selanjutnya adalah pemilihan warna. Jas hujan warna terang lebih aman dibandingkan model berwarna gelap. 

Seperti dikatakan Founder & Training Director Jakarta Defensive (JDDC) Driving and Consulting Jusri Pulubuhu. 

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

"Pengendara lainnya akan mudah melihat, bila malam kan bahaya jika warnanya gelap. Yang penting bisa memantulkan cahaya, warna-warna terang seperti kuning, hijau atau orange," kata Jusri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com