Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Air Aki Mobil Sering Berkurang

Kompas.com - 22/02/2023, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi kewajiban pemilik mobil untuk senantiasa memeriksa kondisi unit setiap hari sebelum digunakan. Sehingga, ketika dalam perjalanan menjadi lancar tidak ada halangan.

Ada beberapa hal yang memang harus dilakukan sendiri oleh pemilik mobil di rumah, meski pemeriksaan atau perawatan rutin sudah dilakukan di bengkel. Salah satunya, yaitu memeriksa volume air aki.

Pasalnya, air aki bisa berkurang kapan pun, dan bila air aki ini berkurang dampaknya performa aki menjadi menurun. Bisa saja mobil menjadi tidak kuat starter dan berujung mogok di jalan.

Baca juga: Apa Boleh Aki Bebas Perawatan Ditambah Air Aki?

Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum One Aki/Wawan Pemeriksaan proses pengisian aki sudah penuh atau belum

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal mengatakan air aki yang berkurang sebaiknya segera ditambahkan air aki atau air murni.

“Air aki jangan sampai kurang, bila itu terjadi maka dapat merusak sel di dalam aki tersebut, segera lakukan pengisian air aki atau air murni atau air demineralisasi,” ucap Iqbal kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan pemeriksaan air aki ini sebaiknya diperiksa setiap pagi sebelum mobil digunakan dengan tujuan menghindari terjadinya kekurangan air di dalam aki.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Mengganti Air Aki?

sel aki rusakOne Aki/Wawan sel aki rusak

“Berkurangnya air aki ini termasuk fenomena yang wajar karena di dalam sel aki terjadi reaksi kimia antara sel positif negatif baterai dengan air aki atau asam sulfat, ketika dicas atau digunakan, reaksi tersebut akan menghasilkan uap asam,” ucap Iqbal.

Seperti yang diketahui, di dalam sistem mobil begitu mesin mobil dihidupkan maka akan berlangsung proses pengisian daya listrik aki.

“Bisa dikatakan semakin sering mobil digunakan, maka semakin cepat habis air akinya, sehingga fenomena tersebut termasuk wajar,” ucap Iqbal.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Air AC Bagus untuk Menambah Air Aki?

Isi air aki mobilKompas.com Isi air aki mobil

Adapun air aki yang berkurang tidak wajar, itu bisa disebabkan ada kebocoran pada bodi aki atau menjadi tanda bahwa aki tersebut sudah mulai soak.

“Kalau berkurangnya air aki ini ekstrem, bisa jadi ini tanda aki mobil mulai soak, karena terjadi reaksi kimia yang berlebihan, bisa juga terjadi overcharge karena masalah pada dinamo ampere, kalau tidak ya ada kebocoran di bodi aki” ucap Iqbal.

Jadi, air aki berkurang dalam kurun waktu tertentu seiring dengan pemakaian mobil bisa dibilang wajar, namun bila air aki berkurangnya cepat bisa menjadi tanda ada masalah pada aki atau dinamo ampere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com