Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Membuktikan Banyak Kecelakaan Motor karena Minim Konsentrasi

Kompas.com - 06/02/2023, 12:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PHUKET, KOMPAS.com - Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menjadi juara kedua di kelas Innovative Safety Concept di kompetisi keselamatan berkendara khusus instruktur Honda di Phuket, Thailand.

Salah satu instruktur AHM, Hendrik Ferianto, mengatakan, dalam kelas baru ini pihaknya ditantang untuk membuat program mengenai pelatihan keselamatan berkendara dan juga terapannya saat di jalan.

Baca juga: Biar Tidak Kena Pungli, Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

Para instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membawa pulang prestasi di ajang The 1st Honda Asia & Oceania Safety Instructors Competition 2023 di Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.Foto: AHM Para instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membawa pulang prestasi di ajang The 1st Honda Asia & Oceania Safety Instructors Competition 2023 di Phuket, Thailand pada 2-4 Februari 2023.

Risetnya tidak main-main, Hendrik mengatakan, pihaknya minta data langsung dari kepolisian, kemudian mengecek dan mengambil tiga ranking teratas kenapa orang sering kecelakaan.

"Menurut data kepolisan, ternyata, satu mereka tidak waspada dengan kondisi yang ada di depan. Kedua gagal menjaga jarak, ketiga yaitu ceroboh ketika mendahului," kata Hendrik yang ditemui di Phuket, akhir pekan lalu.

Soal minim konsentrasi terhadap kondisi depan kata Hendrik merupakan penyakit pengendara motor. Padahal cara mengatasinya cukup mudah, pengendara cukup sering menoleh kiri kanan dan melihat spion.

Baca juga: 28 Akses Gerbang Tol di Jakarta Kena Ganjil Genap, Melanggar Didenda Rp 500.000

Kecelakaan motor terjadi di flyover Kemayoran Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (28/11/2022). Pengendara jatuh ke area bawah flyover setinggi 10 meter. Istimewa Kecelakaan motor terjadi di flyover Kemayoran Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (28/11/2022). Pengendara jatuh ke area bawah flyover setinggi 10 meter.

"Saat kita masuk persimpangan kita wajib menengok kiri dan kanan apalagi di Indonesia yang di mana pengendara motornya itu geli (ingin) banget untuk buka gas," kata Hendrik.

Karena itu kata Hendrik, pengendara motor mesti sering menengok ke kiri dan kanan untuk melihat kondisi yang ada. Terutama saat masuk di persimpangan jalan, baik itu kondisinya ramai maupun sepi.

"Pengendara motor kita itu inginnya kenceng terus benar tidak. Padahal kalau bertemu lampu kuning itu hati-hati, tapi malah gas pol," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com