Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Alex Marquez Soal Format Sprint Race MotoGP

Kompas.com - 06/02/2023, 07:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP musim 2023 menghadirkan format baru yang disebut Sprint Race. Pada format ini, balapan singkat akan diadakan di hari sabtu setiap minggunya.

Salah satu tujuan dari diadakannya format Sprint Race adalah untuk membangun antusiasme penonton sebelum balapan puncak di hari minggu.

Adapun untuk mekanismenya, Sprint Race akan diadakan dengan jumlah lap setengah dari normal. Begitu pula poin yang didapatkan, hanya setengah dari normalnya.

Untuk sesi latihan bebas, hanya terdapat FP1 selama 45 menit dan FP2 selama 60 menit, yang digelar Jumat. Pada Sabtu, kelas MotoGP diberikan lagi sesi latihan bebas dengan durasi 30 menit.

Baca juga: Gresini Racing Sapa Penggemar MotoGP Indonesia, Alex Marquez Hadir

Alex Marquez resmi menjadi rekan setim Fabio Di Giannantonio untuk musim depan di Gresini Racing, menggantikan Enea BastianiniDok. Gresini Racing Alex Marquez resmi menjadi rekan setim Fabio Di Giannantonio untuk musim depan di Gresini Racing, menggantikan Enea Bastianini

Format ini sempat ramai diperbincangkan dan menuai pro dan kontra. Ada pebalap yang mengaku tidak senang, ada pula yang merasa suka dengan format ini.

Salah satu pebalap yang memberikan tanggapannya adalah Alex Marquez. Pebalap anyar tim Gresini Racing itu mengaku tertantang dengan format baru MotoGP.

“Saya merasa tertarik dengan format baru ini. Kita semua tau jika ini adalah hal baru, jadi ada baiknya kita berikan kesempatan dahulu sebelum beropini,” kata Alex Marquez pada Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Menurut Alex, format baru ini bisa memberikan dampak baik bagi MotoGP, yaitu meningkatkan jumlah peminat MotoGP.

Baca juga: Pebalap Gresini Racing Fabio Di Giannantonio Tiba di Indonesia

Para pebalap memulai balapan Grand Prix MotoGP Valencia 2022 di arena Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, Spanyol, pada 6 November 2022.AFP/JAVIER SORIANO Para pebalap memulai balapan Grand Prix MotoGP Valencia 2022 di arena Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, Spanyol, pada 6 November 2022.

“Format ini pasti menyenangkan bagi para fans dan bisa meningkatkan jumlah penonton,” ujarnya.

Untuk persiapan yang dilakukan, pebalap kelahiran 1996 ini mengaku akan terus berdiskusi dengan tim dan berusaha supaya cepat beradaptasi.

“Saya akan selalu berkomunikasi dengan tim, semoga kami bisa cepat beradaptasi,” Jelasnya.

MotoGP musim 2023 direncanakan mulai pada tanggal 26 Maret 2023, balapan pertama berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com