Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Punya Bus Sendiri, Siapkan Dana Mulai Rp 1 Miliar

Kompas.com - 03/02/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Apalagi, saat ini kualitas dan juga fitur bus dirancang kian berkembang mengikuti kebutuhan pasar.

Bus sendiri punya beberapa model, misalnya seperti medium bus yang kerap digunakan oleh beberapa Perusahaan Otobus (PO), kendaraan karyawan sebuah perusahaan, kendaraan universitas dan sebagainya.

Artinya, untuk memiliki sebuah medium bus bisa dilakukan oleh siapa saja selama dana yang dimiliki cukup.

Baca juga: Motor Listrik ECGO EV Moto Diskon Rp 7 Juta, Harga Jadi Rp 9,1 Juta


Karoseri Laksana yang telah menjadi langganan untuk pembuatan bus di Indonesia biasanya memasang harga sekitar Rp 1 miliar untuk satu unit medium bus.

“Kalau untuk bus medium sekitar Rp1 miliar untuk per unit,” kata Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto kepada Kompas.com, Jumat (3/2/2023).

Werry menjelaskan jika harga tersebut hanya berupa estimasi. Maka dari itu, harga bisa lebih mahal atau lebih murah tergantung spesifikasi yang digunakan oleh bus.

Misalnya seperti jenis sasis yang digunakan, fitur yang digunakan, atau komponen lainnya yang biasanya akan mempengaruhi harga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)


Adapun dengan budget tersebut, Karoseri Laksana sendiri menawarkan medium bus dengan bodi All New Tourista model Single Glass. Untuk desain dan pelengkap lainnya yang akan disematkan pada bus mengikuti permintaan dari pelanggan.

Baca juga: Ini 10 Jalan Protokol Paling Macet di Semarang

Sementara itu, jika kedua belah pihak, yaitu antara karoseri dan pelanggan sudah sepakat, maka bus akan langsung dikerjakan.

Biasanya, untuk pengerjaan dari satu unit medium bus memakan waktu berbulan-bulan. Namun itu tergantung komponen apa saja yang akan digunakan pada bus, jika makin rumit, maka pengerjaannya makin sulit.

“Normalnya, untuk pengerjaan satu unit medium bus sekitar 2-3 bulan,” kata Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com