Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijatuhkan ke Lantai, Itu Cara Benar Uji Perkakas Mobil yang Awet

Kompas.com - 24/01/2023, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik sepeda motor dan mobil wajib punya perkakas yang baik. Sebab perkakas merupakan alat bantu jika ada masalah pada kendaraan, terutama yang suka "ngebengkel" sendiri.

Gatot Sulistyo Aji, Product Developmet Tekiro, produsen perkakas untuk mobil dan motor, mengatakan, saat ini banyak perkakas di pasaran tapi tak semua berkualitas di mana masalah yang sering terjadi yaitu berkarat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kunci Setang Motor ke Kanan Susah Dibobol Maling?

Perkakas TekiroKOMPAS.com/Gilang Perkakas Tekiro

"Perkakas yang baik dibuat dari material yang berkualitas, biasanya yang menggunakan material chrome vanadium. Dengan material ini perkakas lebih awet dan anti karat," kata Gatot kepada Kompas.com, belum lama ini.

Gatot mengatakan, perkakas kualitas jelek hanya buang-buang uang karena mudah berkarat, baut los, hingga obeng patah dan bengkok. Kemudian yang sering terjadi ialah kunci pas yang slek karena terbuat dari material kurang baik.

Dodi Sanjaya, humas Tekiro mengatakan, sayangnya, membedakan mana perkakas yang memiliki kandungan chrome vanadium jika hanya melihat secara kasat mata.

Baca juga: Daftar Bus AKAP yang Punya Jurusan Jakarta - Bali

Ilustrasi perkakas rumah tangga.
Dok. Rawpixel Ilustrasi perkakas rumah tangga.

Namun konsumen bisa sedikit mengetes perkakas yang punya kandungan chrome vanadium dengan cara diadu atau dijatuhkan ke lantai.

"Cara ngetesnya dengan diadu atau dibenturkan. Perkakas yang bunyinya kencang dan nyaring biasanya ada chrome vanadium-nya. Bahannya berat tidak ringan," ucap Dodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com