Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Rest Area Penuh, Pengemudi Diimbau Keluar Pintu Tol Terdekat

Kompas.com - 21/12/2022, 13:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat yang ingin menggunakan rest area diimbau untuk menggunakannya dengan bijak. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kemacetan di tol pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023.

“Imbauan kami kepada masyarakat, bijaklah menggunakan rest area karena yang menggunakan bukan hanya kita,” ujar Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Aries Syahbudin, disitat dari NTMC Polri (21/12/2022).

Seperti diketahui, polisi dan pemda setempat telah menyiapkan rest area sementara di pintu keluar tol.

Baca juga: Hyundai Pamerkan Kona Generasi Terbaru, Ada Hybrid dan EV

PT Jasamarga Related Business (JMRB)  berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.Jasa Marga PT Jasamarga Related Business (JMRB) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Dengan demikian, Aries meminta kepada masyarakat untuk tidak menggunakan rest area yang sudah penuh, dan menggunakan rest area sementara guna mendukung kelancaran lalu lintas.

“Jadi, di sini rest area ditutup, ke depan lagi itu bisa keluar ke pintu tol paling dekat. Setelah istirahat, baru masuk tol lagi. Jadi, jangan memaksakan rest area yang sudah penuh,” ucap Aries.

Ia memandang pengamanan liburan Natal dan Tahun Baru 2023 sebagai salah satu momen pemerintah melayani masyarakat.

Baca juga: Penampakan Suzuki Jimny LWB Mulai Terlihat Jelas

Seluruh kementerian dan lembaga menyiapkan yang terbaik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, baik yang berhubungan dengan kesehatan maupun pengamanan.

“Termasuk Polri. Polri menyelenggarakan yang namanya Operasi Lilin. Itu dilaksanakan secara terpusat,” kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com