Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan, Polisi Tambah Rest Area Dekat Pintu Tol

Kompas.com - 20/12/2022, 07:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan bermotor selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/23, Korlantas Polri menyiapkan area peristirahatan atau rest area sementara di beberapa pintu keluar tol.

Langkah ini dilakukan karena sering kali didapati kepadatan di ruang rest area. Padahal petugas sudah mengimbau agar waktu beristirahat di sana hanya 30 menit supaya tiap pengendara bisa bergantian.

"Kami juga mengevaluasi, salah satunya kekurangan rest area itu sendiri. Di beberapa pintu keluar tol itu akan disiapkan rest area sementara,” kata Kasubdit Audit dan Inspeksi Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol. Aries Syahbudin disitat laman NTMCPolri, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Mobilitas Libur Nataru Bakal Meningkat, Pokso Angkutan Mulai Dibuka

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.Dok. Jasa Marga Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.

Adapun alasan sering terjadinya kemacetan di sekitar rest area, karena sulitnya mengatur pengendara untuk menggunakan fasilitas tersebut selama 30 menit.

“Tidak mungkin satu per satu kami lihat. Ini menjadi sumber kemacetan, apalagi setelah kami evaluasi di rest area yang letaknya berseberangan,” ucap dia.

Hanya saja dalam kesempatan ini, tidak dijelaskan ruas tol mana saja yang mendapatkan rest area tambahan. Yang pasti ia mengimbau agar masyarakat menggunakan rest area dengan bijak agar mencegah terjadinya kemacetan di tol pada masa libur Nataru.

Apabila suatu rest area sudah penuh, dimohon untuk menggunakan rest area sementara yang sudah dipersiapkan di dekat pintu keluar tol agar mendukung kelancaran lalu lintas.

“Imbauan kami kepada masyarakat, bijaklah menggunakan rest area karena yang menggunakan bukan hanya kita,” kata Aries.

Baca juga: One Way dan Ganjil Genap Berlaku di Puncak Selama Libur Nataru

Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.Dok. Rest Area KM 260b Ilustrasi Rest Area KM 260B di Tol Trans Jawa.

“Jadi, di sini rest area ditutup, ke depan lagi itu bisa keluar ke pintu tol paling dekat. Di situ itu disiapkan oleh polres atau disiapkan oleh pemda setempat. Setelah istirahat, baru masuk tol lagi. Jadi, jangan memaksakan rest area yang sudah penuh,” kata dia lagi.

Pada periode Nataru tahun ini, pemerintah memprediksi puncak mudik terjadi pada 23-24 Desember 2022 dan 30-31 Desember 2022. Sementara puncak arus balik, terjadi selama 25-26 Desember 2022 serta 1-2 Januari 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com