Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara agar Baterai pada Mobil Hybrid Berusia Panjang

Kompas.com - 07/11/2022, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya dibekali mesin bakar, mobil hybrid juga dibekali motor listrik sebagai sumber tenaganya. Keduanya bisa berkolaborasi dan bekerja masing-masing pada kondisi tertentu sesuai kebutuhan.

Selain itu, mobil hybrid juga dibekali baterai besar sebagai sumber tenaga untuk motor listriknya. Komponen tersebut sama pentingnya dengan bahan bakar pada mesin bakarnya.

Maka dari itu, baterai besar pada mobil hybrid perlu dijaga agar usia pakainya awet atau tidak cepat rusak.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hybrid Bekas, Mulai Rp 188 Jutaan

Toyota Camry HybridDok. KOC 2021 Toyota Camry Hybrid

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota AStra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, baterai pada mobil hybrid perlu dirawat dengan baik agar usia pakainya lebih panjang.

“Disarankan untuk rutin membersihkan saringan udara pendingin baterai, karena bila saringan udara ini kotor maka pendinginan akan kurang optimal yang bisa menyebabkan baterai panas dan berusia pendek,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (7/11/2022).

Dia juga mengatakan, agar baterai pada mobil hybrid awet, perlu diperhatikan aki kecil yang menjadi pelengkap mobil hybrid.

Baca juga: Honda Siapkan Dua Mobil Hybrid Tahun Depan

Nissan Kicks facelift hadir dengan ubahan minor di eksterior tapi punya teknologi E-Power generasi kedua. Nissan Kicks facelift hadir dengan ubahan minor di eksterior tapi punya teknologi E-Power generasi kedua.

“Jangan lupa apabila aki kecil (auxiliary battery) soak harus diganti dengan OEM-nya, risiko apabila diganti dengan aki biasa, uap asam bersifat korosif bisa berbahaya bagi komponen baterai hybrid-nya, seperti konektor dan sebagainya,” ucap Didi.

Dia mengatakan, konektor yang korosi bisa membuat baterai kekurangan arus listrik karena terhambat.

“Baterai yang tidak mendapatkan arus listrik yang sesuai akan lebih cepat rusak sehingga penggantian aki kecil ini perlu diperhatikan,” ucap Didi.

Baca juga: Impresi Perdana Berkendara Wuling Almaz Hybrid, Mulus dan Bertenaga

Toyota C-HR terstudio.com Toyota C-HR

Selain itu, dia juga membenarkan bahwa mobil hybrid yang sering dipakai akan memiliki baterai yang sehat.

“Benar (menggunakan mobil hybrid secara rutin) akan membuat baterai senantiasa terisi arus listrik, sehingga akan membuatnya lebih awet, tetapi harus tetap dirawat,” ucap Didi.

Jadi, agar baterai pada mobil hybrid memiliki usia pakai yang lebih panjang, pemilik kendaraan perlu merawatnya, melakukan penggantian aki kecil dengan yang tepat, dan sering menggunakan mobil yang bersangkutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com