Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hiasan, Ini Kegunaan Door Visor Saat Musim Hujan

Kompas.com - 08/10/2022, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah tiba di beberapa daerah di Indonesia. Hal itu membuat pengendara, khususnya mobil perlu meningkatkan keamanan sebelum melakukan perjalanan.

Selain perlu menghindari titik-titik yang rawan banjir, pengendara juga perlu memperhatikan beberapa komponen mobil yang ringan-ringan seperti door visor atau talang air.

Rupanya komponen yang satu ini tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan mobil. Tapi, door visor juga berfungsi untuk menghalau arah tetesan air ketika hujan.

Baca juga: Fungsi Door Visor Alias Talang Air pada Pintu Mobil

Ilustrasi talang air kaca mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi talang air kaca mobil

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan selain sebagai pemanis tampilan mobil, door visor juga untuk mencegah air masuk ketika kaca jendela dibuka.

“Meski tidak melindungi sepenuhnya, setidaknya door visor mampu mengurangi banyaknya tetesan air yang masuk ketika kaca jendela dibuka,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Sabtu (8/10/2022).

Dia mengatakan door visor hanya mampu melindungi sebagian kecil air yang menetes, jadi ketika hujan turun sebaiknya kaca tetap ditutup.

Baca juga: Fungsi Door Visor Bukan Cuma Talang Air

talang airKompas.com/Erwin Setiawan talang air

“Kaca jendela mobil tetap perlu ditutup ketika hujan turun, karena sebenarnya kegunaan door visor kurang efektif menangkal tetesan air, komponen ini hanya menghalau sebagian saja ketika kaca dibuka untuk sesaat,” ucap Yanto.

Dia mengatakan antara mobil yang dilengkapi door visor dan tidak, maka peluang air masuk ketika kaca dibuka tidak sama. Jadi, mobil dengan door visor memang lebih terlindungi.

“Di dalam kabin, khususnya di pintu kan ada switch power window, itu kan perangkat elektronik, agak sensitif bila terkena air, jadi dengan adanya door visor cukup melindunginya,” ucap Yanto.

Baca juga: Bukan Aksesori Pemanis, Ini Fungsi Talang Air pada Mobil

Dia juga mengatakan door visor bisa digunakan untuk mengeluarkan hawa panas ketika mobil diparkir.

“Kaca jendela bisa dibuka sedikit, sehingga udara di dalam kabin bisa bersirkulasi, tanpa takut kehujanan dan terlihat terbuka oleh orang lain,” ucap Yanto.

Dia menjelaskan door visor bisa mengelabui orang lain, sehingga kaca jendela yang sedikit terbuka tersebut terlihat seolah tertutup. Hal itu bisa mengurangi risiko tindak kriminal dari orang lain.

Baca juga: Sering Dianggap Sepele, Talang Air Mobil Ternyata Punya Fungsi Penting

Jadi, door visor tidak hanya sebagai ornamen untuk mempercantik tampilan mobil, tapi juga memiliki beberapa fungsi yang cukup penting, khususnya di musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com