Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RKG-5000, Prototipe Motor Listrik Bobber Rancangan Ridwan Kamil

Kompas.com - 08/10/2022, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

Gubernur Jawa Barat Rancang Motor Listik Bergaya Bobber

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, rupanya sudah memiliki racang bangun sepeda motor listrik yang dijuluki RGK-5000.

Prototipenya sudah dipajang dalam pameran West Java Investment Summit (WJIS) 2022 yang berlangsung di Trans Hotel, Bandung.

Melansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, meski prototipe motor listrik dengan gaya bobber tersebut baru satu unit dan sudah menjalani uji jalan.

"Motor ini dinamakan RKG-5000, kependekan dari Ridwan Kamil Gesit 5000. Ini prototipe, jadi baru ada satu unit tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau manufacturing," ucap Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangun RKG-5000.

Baca juga: Waspada, Marak Maling Spesialis Motor Keyless Beraksi

Dijelaskan bila Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sengaja merancang bobber listrik tersebut untuk sebuah merek motor listrik. Bila melihat kepanjangan RKG sendiri, sudah bisa ditebak arahnya.

Motor listrik konsep Gesits RKG-72 yang didesain oleh Ridwan Kamil (Dok. @ridwankamil)
(Dok. @ridwankamil) Motor listrik konsep Gesits RKG-72 yang didesain oleh Ridwan Kamil (Dok. @ridwankamil)

Atep menjelaskan, meski mengusung jenis bobber yang sejatinya memiliki visual padat dan berisi, namun karena tak menggunakan mesin bensin maka motor listrik ini punya bobot yang jauh lebih ringgan.

"Karena tidak ada mesin, maka motor ini total berbobot 150 kilogram (kg), cukup nyaman, dan mudah dikendarai" katanya.

Walau spesifikasinya belum disebutkan, namun Atep mengklaim, pengisian baterai motor listrik tersebut bisa dilakukan di rumah menggunakan daya paling rendah, yakni 450 Volt Ampere (VA), atau yang biasa digunakan untuk golongan masyarakat tak mampu.

"Motor ini bisa di-charge di rumah dengan daya terendah sekalipun, yaitu 450 VA, dan tentu bisa juga di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dengan lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empàt jam," ungkap Atep.

Baca juga: Gesits RKG-72, Motor Listrik Konsep Karya Ridwan Kamil

Seperti diketahui, sebelumnya pada 2021 Ridwan Kamil sudah pernah membuat konsep desain motor listrik ketika berkunjung ke pabrik Gesits.

Awal mula dibuat dalam rupa sketsa tangan, lalu diproses kembali menggunakan perangkat lunak dengan hasil yang lebih rapih.

Melihat dari sketsa gambar sebelumnya, tampilan RKG 5000 tak berbeda jauh yang dihadirkan dengan visual ala mesin boxer.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka acara Bandung Bike Festival 2022 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (1/10/2022).
Dok. Humas Pemprov Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka acara Bandung Bike Festival 2022 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (1/10/2022).

Desain konsepnya diberi nama RKG-72 yang memiliki arti Ridwan Kamil Gesits 72 volts dengan kapasitas baterai 12 volts. Motor tersebut digadang-gadang akan memiliki jarak tempuh hingga 100 kilometer (km), top speed 102 km per jam (kpj), tenaga maksimum 10 kW, serta torsi 50 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com