Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelanjutan Ayla EV dan Rocky Hybrid, Daihatsu Masih Pelajari Pasar

Kompas.com - 08/10/2022, 13:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sempat memamerkan dua unit kendaraan elektrifikasi pada gelaran Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022 pada Agustus 2022.

Saat itu, sudah banyak pabrikan otomotif yang juga turut membawa jajaran kendaraan elektrifikasinya. Beberapa bahkan sudah resmi membuka keran penjualan.

Baca juga: Ramai Elektrifikasi, Tren Mobil Hybrid Bekas Mulai Meningkat

Ketika ditanya terkait kelanjutan kendaraan elektrifikasi Daihatsu, yaitu Ayla EV dan Rocky Hybrid, Kepala Divisi Pemasaran PT ADM Rudy Ardiman mengatakan saat ini pihaknya masih mempelajari kebutuhan konsumen serta ekosistem kendaraan listrik.

“EV (electric vehicle) itu disampaikan di GIIAS punya satu objektif yaitu adalah untuk memperlihatkan bahwa kita (Daihatsu) punya kapabilitas. Itu dulu stepping-nya. Belum sampai ‘sejauh mana?’ karena butuh kapabilitas tinggi sebelum kita membangun suatu produk baru,“ ucap Rudy kepada wartawan di sela-sela acara Daihatsu Kumpul Sahabat Jabar, Bandung, Sabtu (8/10/2022).

Daihatsu Rocky Hybrid di ajang GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Rocky Hybrid di ajang GIIAS 2022

Ada beberapa faktor lain yang juga menjadi pertimbangan Daihatsu sebelum benar-benar terjun ke kendaraan elektrifikasi. Salah satunya adalah ekosistem kendaraan listrik di Indonesia saat ini.

Rudy menjelaskan, ada dua environment atau ekosistem kendaraan listrik yang jadi perhatian. Yang pertama dari sisi internal yaitu kapasitas produksi yang pastinya berbeda dengan kendaraan ICE, dan yang kedua adalah ketersediaan SPKLU atau charging station untuk kendaraan listrik.

Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik konsep Daihatsu Ayla EV dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Ia juga menjelaskan, studi-studi terhadap elektrifikasi dan ekosistemnya pasti dilakukan oleh pihak Daihatsu; baik untuk teknologi hybrid maupun EV.

Tanggapan konsumen sendiri belum banyak, kata Rudy. Karena saat itu unit kendaraan elektrifikasi yang dihadirkan Daihatsu di GIIAS hanya untuk sebatas dipamerkan saja.

Baca juga: Motor Listrik BMW CE04 Meluncur di Indonesia, Lebih Mahal dari Innova

“Belum ada (konsumen yang tanya kapan kendaraan elektrifikasi Daihatsu mulai dijual). Karena ini kan sifatnya showing unit ya. Dan kebetulan, kustomer kita jelaskan bahwa ini masih JDM, ya hanya memperlihatkan, bahwa ini loh, Daihatsu mampu, dari sisi teknologi dan quality (untuk) membuat mobil hybrid. Baru sampai situ,“ kata Rudy.

“Pokoknya tunggu tanggal mainnya,“ ucap Rudy lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com