Ramai Elektrifikasi, Tren Mobil Hybrid Bekas Mulai Meningkat

Kompas.com - 30/09/2022, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini mobil hybrid keluaran baru harganya masih terbilang tinggi, umumnya berada di angka Rp 500 jutaan. Namun bagi Anda yang memiliki dana terbatas, tak ada salahnya melirik model bekasnya.

Terlebih populasi mobil hybrid di Indonesia sudah cukup banyak, membuat unit bekasnya mulai tersedia di pasaran.

Tri Bayu Januar, Head of Sales & Marketing Division PT Serasi Mitra Mobil (Mobil88), mengatakan, pada dasarnya pasar mobil bekas cerminan dari penjualan mobil baru.

Baca juga: BPKB Elektronik Cegah Modus Nakal Kendaraan Kredit

Honda CR-Z jadi salah satu mobil hybrid di IndonesiaOLX Honda CR-Z jadi salah satu mobil hybrid di Indonesia

Apabila mobil hybrid keluaran baru mulai laris dan diterima konsumen. Pasar mobil bekas bakal terkena efeknya secara langsung.

Mobil hybrid sebetulnya saat ini memang di mobil bekas cukup naik trennya. Jadi pasti itu akan ikut bertumbuh di mobil bekas,” ujar Bayu, kepada Kompas.com (29/9/2022).

Menurut Bayu, salah satu alasan meningkatnya permintaan mobil hybrid bekas adalah kenaikan harga BBM subsidi maupun non subsidi.

Baca juga: PO Rosalia Indah Tambah Lagi Bus Tingkat dari Karoseri Adiputro

“Maka sebenarnya opsi hybrid ini jadi kayak alternatif. Mobil listrik kan juga mulai naik nih, cuma mungkin orang-orang masih belum punya experience terkait electric car. Tapi mungkin dengan hybrid, ya opsi itu masih terbuka,” ucap Bayu.

Meski begitu, harus diakui pertumbuhan mobil hybrid bekas tidak terlalu besar. Selain karena pilihan unitnya yang terbatas, pemeliharaan mobil hybrid masih jadi kekhawatiran konsumen.

“Namun mungkin concern-nya di konsumen mobil bekas, mereka itu lebih pilih yang ekonomis, yang perawatannya enggak susah, yang harga spare part-nya enggak mahal,” kata Bayu.

Baca juga: Honda Beri Sanksi Sales Nakal yang Tidak Bolehkan Konsumen Beli Cash

Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekasOLX Toyota Camry Hybrid di pasar mobil bekas

“Karena berdasarkan pengalaman kami, terkait pemeliharaan hybrid, harga komponennya kan beda, kayak misalnya aki kan beda. Terus perawatannya enggak bisa seperti mobil non hybrid,” tutur dia.

Sementara itu, mengenai mobil hybrid bekas yang banyak diminati saat ini menurutnya adalah Toyota Camry Hybrid.

“Kalau di kami, mobil hybrid itu masuknya ke segmen luxury. Saat ini memang belum terlalu besar untuk penjualan luxury hybrid, kurang lebih sekitar 20-30 persen dari total mobil luxury yang kami jual,” ucap Bayu.

“Model lain belum banyak paling 1-2 unit. Corolla Cross ada juga tapi belum banyak. Itu sepanjang tahun ini kami baru jual 3 unit, kalau Camry Hybrid sudah banyak, 10 unit lebih,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.