Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Mobil Listrik di Indonesia, Mulai Rp 200 Jutaan

Kompas.com - 15/09/2022, 15:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, sejumlah ATPM turut meluncurkan mobil hybrid maupun mobil listrik untuk masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan konvensional.

Beberapa di antaranya juga mengeluarkan mobil konsep atau sekedar perkenalan kepada masyarakat agar lebih familiar. Ini dilakukan untuk mendukung program net zero emission di 2026.

Baca juga: Instruksi Jokowi, Kendaraan Dinas Pemerintahan Harus Kendaraan Listrik, Bisa Sewa Dulu

Sebelumnya, Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa antusiasme masyarakat Indonesia terhadap teknologi elektrifikasi sudah mulai tinggi, dibuktikan dari banyaknya pengunjung di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berfokus pada pengenalan kendaraan listrik untuk aktivitas sehari-hari.

Ke depannya, kondisi ini diharapkan bisa dipertahankan agar komitmen Indonesia pada regulasi COP 2026 dalam memulai program net zero emission, termasuk memakai energi baru dan terbarukan bisa tercapai.

Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Test drive mobil listrik Tesla Model 3 Performance di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Senin (25/7/2022). Selain mobil listrik Tesla Model 3 Performance, pengunjung juga bisa mencoba mobil listrik DFSK Gelora E dan Alke Mini Pikap.

Indonesia sendiri, menurut Agus, akan mulai memproduksi kendaraan listrik dengan rincian 600.000 unit mobil listrik, truk listrik, dan juga bus listrik di 2030. Untuk kategori kendaraan roda dua, targetnya adalah 3 juta unit.

"Sebagai catatan, sekarang ada 4 produsen bus listrik di Indonesia, kemudian 3 produsen mobil listrik dan 31 produsen motor listrik yang telah memiliki fasilitas produksi di Indonesia," ucap Agus dalam Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) di ICE BSD City, Tangerang, beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Air ev, Mobil Listrik Mungil Harga Rp 200 Jutaan

Saat ini, sudah ada berbagai pilihan mobil listrik dengan kisaran harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 200 jutaan, berikut ini daftar harga mobil listrik dari yang termurah hingga termahal:

  • Wuling Air ev Standard Range, Rp 238 juta
  • Wuling Air ev Long Range, Rp 295 juta
  • Nissan Leaf Electric 2021, Rp 649 juta
  • Hyundai Ioniq Electric, Rp 682 jutaan-Rp 723 jutaan
  • Nissan Leaf One Tone EV 2022, Rp 728 juta
  • Nissan Leaf Two Tone EV 2022, Rp 730 juta
  • Hyundai Kona Electric, Rp 742 juta
  • MINI Electric, Rp 945 jutaan-Rp 955 jutaan
  • Lexus UX300e, Rp 1,245 miliar
  • Tesla Model 3, Rp 1,5 miliar
  • Tesla Model Y, Rp 2 miliar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com