Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Motuba, Pilih Gunakan Onderdil Bawaan atau Kanibal Mobil Modern?

Kompas.com - 13/09/2022, 12:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Pemilik motuba semakin dimudahkan dengan pelayanan bengkel-bengkel spesialis Air Conditioner (AC). Pasalnya, untuk penggantian onderdil bisa lebih mudah karena adanya suku cadang persamaan alias common parts.

Jadi, onderdil AC pada motuba yang jumlahnya terbatas bisa disiasati dengan suku cadang mobil-mobil modern yang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Bukan lagi menjadi rahasia, bahwa onderdil sistem AC pada motuba bisa memakai kepunyaan mobil-mobil modern. Hal itu mudah saja dilakukan bagi bengkel spesialis AC.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal Supaya Hemat Bahan Bakar?

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Namun, perlu diketahui bahwa antara onderdil orisinal motuba dengan mobil-mobil modern memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja itu?

Pemilik Lison AC Muhlison mengatakan, onderdil mobil-mobil modern memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan milik motuba, tapi bahan yang digunakan lebih tipis dan sederhana.

Onderdil mobil modern tentu memiliki performa lebih baik karena teknologi yang digunakan makin modern, lebih mudah mudah ditemukan di pasaran juga, bahkan bisa saja harganya jauh lebih murah dengan spesifikasi yang sama,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Mitos atau Fakta, LPG Bisa Dijadikan Cairan Pendingin AC Mobil?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Muhlison mengatakan, hal itu membuat onderdil mobil modern sekali rusak harus diganti, tanpa perlu repot-repot diperbaiki.

“Onderdil mobil-mobil modern kan banyak dijumpai di pasaran, harganya juga terjangkau, selain itu untuk diperbaiki juga susah, jadi memang disarankan kalau rusak ya diganti saja,” ucap Muhlison.

Dia juga menjelaskan sementara onderdil orisinal motuba lebih sulit ditemukan di pasaran karena tidak banyak yang berani menstok barangnya.

Baca juga: Tanda-tanda AC Mobil Kekurangan Freon

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

“Siapa yang berani nyetok, jika onderdil motuba bisa digantikan dengan onderdil mobil modern? selain itu jika rusak masih bisa diperbaiki, jadi peluang lakunya itu kecil, hal itu membuat harga onderdil motuba mahal, dan sulit ditemukan di pasaran,” ucap Muhlison.

Jadi, mau pilih mana onderdil orisinal motuba yang awet dan performanya standar atau part persamaan mobil modern yang lebih baik performanya, lebih mudah dtemukan, harga lebih murah tapi sekali rusak harus ganti?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com