Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Bekas Mobil Langka Toyota Corona RT40, Tembus Rp 175 Juta

Kompas.com - 31/07/2022, 09:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum lahir Toyota Camry, Toyota Corona menjadi salah satu mobil mewah kelas menengah produsen otomotif asal Jepang.

Toyota Corona pertama kali masuk ke Indonesia di awal tahun 1970-an untuk menyasar pasar sedan di Tanah Air. Kala itu dihadirkan oleh Toyota untuk menyasar segmen sedan di atas Corolla.

Sayangnya, meski telah cukup lama eksis di Indonesia, kiprah Toyota Corona harus dihentikan pada tahun 1998. Hingga kemudian digantikan oleh Toyota Camry sebagai pilihan sedan papan atas.

Baca juga: Nilai Transaksi Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2022 Tembus Rp 250 Miliar

Meski kiprahnya terhenti, mobil bekas sedan lawas ini harganya masih cukup tinggi di pasaran. Terutama yang menyandang status alias diimpor secara utuh Jepang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

Salah satu akun instagram @77rshop menjual Toyota Corona RT40 tahun 1968 dengan harga yang cukup tinggi, yakni menembus angka Rp 175 juta.

“Iya (jual Rp 175 juta), masih orisinil. Katanya cuma masuk 40 (unit) ini paling sisa di bawah 10 (unit),” ucap pria yang enggan disebut namanya, Sabtu (30/7/2021).

Menurut pria tersebut, Toyota Corona RT40 di negara asalnya memang bukan rare item, hanya saja memiliki model yang antik. Tetapi di Indonesia, mobil ini menjadi incaran para collector item.

“Biasa yang beli mobil seperti ini juga cuma taruh di garasi, cuma dipanasin saja. Investasinya orang kaya, mereka hobi sekaligus investasi,” kata dia.

Sebagai informasi, Toyota Corona RT40 masuk dalam generasi ketiga dari keluarga Toyota Corona. Mobil ini merupakan built up (CBU), diimpor langsung dari negara asal (Jepang) dalam kondisi utuh dan lengkap.

Baca juga: Ketahui Penyebab Berkurangnya Minyak Rem Mobil

Secara desain, mobil ini memiliki tampilan yang unik dengan bodi mengotak dengan lampu utama dua buah di sisi kanan dan kiri layaknya ala mobil Eropa.

Bicara soal dapur pacu, mobil ini dibekali mesin 2R 1.500 cc, yang mampu menghasilkan tenaga 75 ps pada 5.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 2.600 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com