Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Mendeteksi Mobil Bekas Terendam Banjir

Kompas.com - 21/07/2022, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Agar tak tertipu, sebelum membeli mobil bekas baiknya memastikan dulu bila unit benar-benar aman.

Tak hanya soal kelengkapan surat, tapi juga memastikan unit bukan bekas tabrakan atau pernah terendam banjir.

Namun bagi orang awam pastinya akan sulit membedakan, apalagi bila sudah urusan teknis seperti kelistrikan.

Perlua diketahui, membeli mobil bekas terendam banjir punya risiko terjadinya short cut atau korsleting

Baca juga: Beli Mobil Bekas, Jangan Tergoda Kilometer Rendah

Untuk mengetahui soal kelistrikan, Kepala Bengkel Nasmoco Gombel Semarang Mohammad Syafruddin mengatakan, mobil bekas banjir bisa diidentifikasi dari ruang kap mesin dengan melihat jalur perkabelan yang kadang masih terdapat sisa bekas lumpur. 

Foto udara sejumlah kendaraan roda empat terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022).  Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Foto udara sejumlah kendaraan roda empat terendam banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022). Banjir rob dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 1,5 meter itu disebabkan oleh tingginya pasang air laut serta adanya tanggul yang jebol di kawasan tersebut.

"Kabel-kabel bodi yang masuk ke kabin mobil, harus teliti memeriksa soket dan celah-celah sempit," kata Syafruddin, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Tak hanya itu, lakukan juga pemeriksaan bagian-bagian penting lainnya pada mobil, seperti bagasi, sisi-sisi pintu, dan lainnya. 

Menurut Syafruddin, mobil yang pernah terendam banjir, akan timbul karat atau warna kusam pada bagian-bagian tesebut.

"Jika detail mengamati sisi tersembunyi bagian interior seperti reclaining jok, seatbealt bisa ditemukan bekas karat," ujarnya. 

Baca juga: Suzuki Kasih Sinyal Kehadiran S-Presso di Indonesia

Inspeksi pembelian mobil bekasOtospector Inspeksi pembelian mobil bekas

Senada, Albert Pedagang Mobil Bekas Carsentro Supriyadi juga mengatakan, aroma interior kabin mobil bekas banjir juga cenderung tak sedap dan lembap. 

"Bagian jok dan karpet mobil bekas banjir walau sudah di salon atau rekondisi menyeluruh tetap saja meninggalkan aroma tidak sedap," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com