Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Paten bZ SDN, Sedan Listrik Berbasis Baterai Pertama Toyota

Kompas.com - 22/06/2022, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota pada Desember 2021 mengumumkan deretan mobil listrik yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Selain itu, dipamerkan juga mobil listrik bZ yang tersedia berbagai bentuk.

Pertama, Toyota sudah meluncurkan bZ4X, mobil listrik bergaya SUV dan dalam waktu dekat, saudaranya yakni bZ SDN juga segera rilis. Hal ini bisa dilihat dari gambar paten yang beredar serta prototipe yang sudah dites di China.

Dikutip dari Carscoops.com, bZ SDN pada gambar paten hampir serupa dengan konsep yang dipamerkan. Perbedaannya bisa dilihat pada model spion dan hendel pintu yang tidak bergaya flush atau rata dengan bodi.

Baca juga: Toyota bZ Serius Bakal Masuk ke Indonesia?

Toyota bZ SDNCARSCOOPS.COM Toyota bZ SDN

Selain itu, model bumper depan juga sedikit berubah. Pada mobil konsep, ada tarikan garis dari intake samping ke lampu depan, namun versi patennya bagian tersebut tidak lagi menyambung.

Untuk komponen lain, nampak masih serupa dengan model konsep. Sebut saja lampu depan LED yang besar dan menyambung dari sisi kiri ke kanan, mirip seperti milik saudaranya yang sudah rilis, bZ4X.

Sejak peluncuran konsep di Desember 2021, memang belum banyak info yang beredar mengenai spesifikasi bZ SDN. Namun dikatakan kalau bZ SDN merupakan sedan medium yang cocok menjadi kendaraan pertama.

Baca juga: Daftar Harga Honda Jazz Bekas, Mulai Rp 70 Jutaan

Gambar paten Toyota bZ SDNCARSCOOPS.COM Gambar paten Toyota bZ SDN

Berdasarkan bocoran spesifikasi, bZ SDN akan punya dimensi di antara Corolla dan Camry. Namun kelebihan dari bZ SDN daripada kedua sedan Toyota tadi adalah wheelbase-nya yang panjang, yakni 2.880 mm.

bZ SDN diperkirakan memulai produksi pada 2022. Belum dikabarkan lagi bZ SDN akan dijual di luar China di mana negara tersebut merupakan pasar utama untuk model dan segmen sedan listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com