Sejarah Baru Mobil Listrik Ioniq 5 Pimpin Pasar Medium SUV Mei 2022

Kompas.com - 22/06/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan listrik murni Hyundai Ioniq 5 di dalam negeri berhasil menjadi yang terbanyak pada segmen sport utility vehicle (SUV) medium sepanjang periode Mei 2022.

Faktanya, hasil ini merupakan sejarah baru di Indonesia, di mana mobil listrik mampu memimpin suatu segmen kendaraan yang didominasi mobil konvensional. Meskipun, angka penjualan relatif tidak lazim, karena model yang biasa menguasai segmen ini tengah terganggu produksinya, akibat krisis cip semikonduktor sehingga anjlok cukup dalam.

Hyundai Ioniq 5 yang diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, April lalu, berhasil mencapai pertumbuhan 54 persen secara bulanan (month-to-month) menjadi 195 unit.

Padahal, kala itu pasar otomotif nasional sedang mengalami perlambatan hingga 40 persen sebagai dampak dari banyaknya libur nasional dan cuti bersama, yang membuat aktivitas bisnis dan industri tidak maksimal.

Baca juga: Penjualan Mobil Bulan Mei Anjlok, Terendah Selama 2022

Hyundai Ioniq 5Dok. Carscoops.com Hyundai Ioniq 5

Kinerja ini lantas membuat rekor tersendiri bagi Ioniq 5 yang mencatatkan sebagai mobil ramah lingkungan dengan penjualan melebihi 150 unit per-bulan di Indonesia (rata-rata 40-70 unit per-bulan).

Bahkan di segmennya, mampu mengalahkan pesaing kuat seperti Wuling Almaz dan Honda CR-V.

Pasalnya pada periode tersebut kedua model yang selalu berebut posisi teratas itu mengalami penurunan penjualan hingga 350 persen dibanding pencapaian pada April 2022.

Demikian berdasarkan catatan data yang diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dalam segmen wholesales atau penjualan dari pabrik ke diler.

Baca juga: Pasar Turun, tapi Honda Brio Kembali Jadi Mobil Terlaris

Wuling Almaz saat melaju di area test drive pada ajang GIIAS 2021.Dok. Wuling Motors Wuling Almaz saat melaju di area test drive pada ajang GIIAS 2021.

Lebih rinci, Wuling Almaz yang sempat merajai kelas SUV Modern dengan penjualan 804 unit di April 2022 kini hanya mampu mencatatkan 100 unit. Sontak, posisinya anjlok menjadi ranking empat bulan lalu.

Sementara itu, CR-V meski tetap berada di posisi ke-2, tapi penjualannya turun signifikan dari 800 unit menjadi 167 unit. Tepat berada di bawahnya, ada Mazda CX-5 dengan penjualan 164 unit, turun dari 260 unit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.