Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serius Sambut Era Kendaraan Listrik, Toyota Kenalkan bZ-Series

Kompas.com - 14/12/2021, 16:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) untuk pertama kalinya mengungkapkan komitmen perusahaan secara tegas dalam melangkah ke era elektrifikasi kendaraan bermotor berbasis baterai.

Pasalnya, kehadiran mobil tanpa emisi dipercaya bisa meningkatkan rasa bahagia seluruh lapisan masyarakat, seiring membaiknya kualitas udara serta kualitas hidup.

"Tingkat emisi atau CO2 dari kendaraan harus dikurangi sebesar mungkin dan secepat mungkin," kata Chief Executive TMC Akio Toyoda di konferensi virtual, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Toyota Siapkan 30 Produk Mobil Listrik Murni Mulai 2030

Jajaran line-up Toyota bZ Series Jajaran line-up Toyota bZ Series

Bersamaan dengan tekad tersebut, Toyota memperkenalkan line up battery electric vehicle (BEV) pertamanya, yakni bZ alias Beyond Zero. Produk ini didedikasikan secara khusus untuk mobil listrik.

Saat ini, sedikitnya terdapat lima model yang terlahir dari semangat terkait, yakni BZ 4x, Bz Compact SUV, BZ Small Crossover, BZ sedan, serta BZ Large SUV.

"Mobil pertama yang sudah pernah dikenalkan ialah bZ4x, SUV listrik yang akan diluncurkan tahun depan dan sudah dipersiapkan untuk produksinya saat ini di fasilitas Toyota Motomachi Plant," kata Akio.

Baca juga: Catat, Ada Diskon dan Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta

Salah satu produk dari Toyota bZ-SeriesKOMPAS.com/Ruly Salah satu produk dari Toyota bZ-Series

Kemudian produk kedua, ada bZ Compact SUV yang merupakan era baru dari sebuah mobil listrik karena memiliki desain indah dan futursitik. Tentu berbagai sentuhannya begitu modern serta mewah.

Selanjutnya ada bZ Small Crossover yang menjadi model andalan di line-up tersebut yang berfokus pada kenyamanan. Diperkirakan banyak konsumen yang akan tertarik untuk mengendarainya.

"Kami paham, semakin besar baterai yang disematkan pada suatu mobil maka semakin berat dan jauh pula daya tempuhnya. Tapi harganya akan jauh lebih mahal," kata Akio.

"Tapi untuk SUV ini, karena ukurannya kecil jadi lebih dikhususkan pada power efficiency. Kami rencanakan, bisa mencapai angka 125 Wh/km, di mana akan menjadi yang tertinggi di segmen SUV kompak," lanjutnya.

Baca juga: Hitung Biaya Kepemilikan Lexus UX 300e sampai 5 Tahun

Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)KOMPAS.com/Ruly Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)

Dua terakhir, ada bZ Sedan dan bZ Large SUV yang tampak masih cukup lama untuk masuk jalur produksi. Ini bisa terlihat dari desainnya seperti mobil konsep.

Selain keluarga bZ, Toyota juga akan memperkenalkan berbagai model EV baru, termasuk mobil sport. Beberapa EV ini tampaknya terinspirasi oleh model saat ini seperti Tundra baru, e-Palette, dan bahkan FJ Cruiser.

"Jadi langkah Toyota ke kendaraan listrik tidak hanya menyematkan baterai pada produk yang sudah ada tapi juga menghadirkan line-up khusus yaitu bZ-series," ucap dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com