Imbas Krisis Cip, Penjualan Motor Anjlok 43 Persen

Kompas.com - 22/06/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Angka penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan cukup dalam pada Mei 2022. Tercatat, realisasi pada bulan lalu minus 43,52 persen.

Disitat dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor hanya meraih 248.235 unit. Padahal bulan sebelumnya bisa mendapat 439.472 unit.

Capaian ini bahkan menjadi angka penjualan motor terendah pada lima bulan pertama tahun 2022.

Baca juga: Tabrakan di Tambun, Benarkah Mesin Mobil Bisa Mati di Pelintasan KA?

Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022Dok. YIMM Keramaian booth Yamaha pada ajang IIMS 2022

Seperti diketahui penjualan motor masih bisa mencapai angka 443.890 unit pada Januari 2022. Kemudian pada Februari 2022, angkanya terkoreksi 17 persen menjadi 368.131 unit.

Sementara pada Maret 2022, menjadi bulan dengan penjualan terbanyak sepanjang tahun ini dengan angka 450.565 unit.

Anjloknya penjualan motor bulan Mei 2022 disinyalir bukan karena permintaan konsumen yang menurun.

Baca juga: 28 Gerbang Tol di Jakarta yang Masuk Zona Ganjil Genap

Namun, lantaran terhambatnya proses produksi, akibat dampak krisis cip semikonduktor yang menghantam industri otomotif global, termasuk juga Indonesia.

GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin mengatakan, pihaknya tengah berusaha memenuhi permintaan konsumen.

Sebagai informasi, beberapa model Honda mengalami inden yang terbilang lama. Buat Scoopy dan Beat bisa mencapai dua bulan, sementara Vario 160 ataupun PCX 160 berkisar 1-2 minggu.

Baca juga: Kenapa Bus Sumatera Langganan Pakai Sasis Buatan Jerman?

Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat motor yang dipamerkan pada pameran IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (20/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami masih terus berusaha untuk menangani masalah ini, salah satunya melalui koordinasi dengan suplier untuk menambah dan mempercepat pasokan cip semikonduktor,” ujar Muhibbuddin, kepada Kompas.com (21/6/2022).

Sementara itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) turut mengakui krisis ini menghambat produksi, sehingga pembelian motor menjadi inden.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community YIMM mengatakan, tingginya jumlah permintaan tidak sebanding dengan jumlah produksi. Terlebih semikonduktor itu dipakai di beberapa industri, bukan hanya motor saja.

"Jadi, kelangkaan globalnya yang membuat dampak ke industri otomotif. Jadi, tidak bisa diapa-apakan lagi, selain berusaha dan menunggu," ujar Antonius di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.