Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Beragam Fungsi, Ulik Cara Kerja Voice Assist pada TVS Ntorq 125

Kompas.com - 17/06/2022, 12:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor baru TVS Ntorq 125 Race XP punya teknologi mutakhir yang jarang ada di skutik sekelasnya. Salah satunya adalah fitur voice assist atau perintah suara.

Teknologi perintah suara (voice assist) ini memungkinkan konsumen untuk berinteraksi dengan skutik ini melalui perintah suara yang diberikan pada aplikasi TVS SMARTXONNECT, melalui perangkat yang terhubung ke smartphone.

Seperti headphone Bluetooth ataupun dengan headphone berkabel, atau helm dengan intercom atau perangkat headset Bluetooth.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Dipakai di Daerah Ini

TVS Ntorq 125 Race XPKOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS Ntorq 125 Race XP

Rizal Rizkiawan Tandju, Deputy GM Marketing PT TVS Motor Company Indonesia mengatakan, nantinya respon motor terlihat pada spidometer yang bisa dilihat langsung oleh pengguna.

Namun salah satu kendala menurut kami, saat ini fitur tersebut tidak dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia.

“Sampai sekarang masih bahasa Inggris, tetapi memang voice assist ini dia punya fitur-fitur yang sudah baku. Jadi kata-katanya pun baku. Kita enggak bisa tambah perintah sendiri,” ucap Rizal, kepada wartawan di Jakarta (15/6/2022).

Baca juga: Gunjingan Suzuki S-Presso Masuk Indonesia, Begini Tanggapan SIS

“Jadi misal perintah untuk mode race, ‘activate race mode’, kita harus ngomong seperti itu, ada panduannya,” kata dia.

Salah satu fungsi fitur ini, yaitu mengubah mode berkendara dengan perintah suara. Namun khusus pada fungsi ini, pengguna hanya bisa melakukan perintah pada kecepatan kurang dari 5 kpj untuk alasan keamanan.

“Kurang lebih ada sekitar 10-15 fungsi. Selain mode berkendara, kemudian brightness (kecerahan layar), dan perubahan volume,” ucap Rizal.

Baca juga: Pengendara Motor yang Pakai Sandal Jepit Bakal Kena Tilang?

TVS Ntorq 125 Race XPKOMPAS.com/DIO DANANJAYA TVS Ntorq 125 Race XP

“Lalu ada satu fitur yang harus cek apakah sudah terintegrasi, adalah mengecek SPBU. Mudah-mudahan bisa, karena kami gunakan maps dari Indonesia,” tutur dia.

Secara umum, fitur ini tentu bakal memudahkan pengguna saat berkendara. Tapi pengendara tetap harus memperhatikan keselamatan saat memakainya.

“Jadi ngobrolnya dengan handphone, bukan ke motornya. Si aplikasi itu yang terhubung ke handphone melalui Bluetooth. Mudah-mudahan Juli kami launching, bisa kami set up lebih sempurna lagi,” kata Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com