Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kembangkan Corolla Cross Berbahan Bakar Hidrogen

Kompas.com - 13/06/2022, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua pabrikan saat ini berlomba-lomba mengembangkan teknologi untuk membuat kendaraan semakin ramah lingkungan. Termasuk Toyota yang sudah meluncurkan banyak kendaraan elektrifikasi.

Namun, Toyota tidak berhenti sampai di situ. Pabrikan asal Jepang ini juga mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen.

Baca juga: Kelebihan Mobil Hidrogen dalam Penggunaan Sehari-hari

Berbeda dengan Honda yang menargetkan semua jajaran produknya menjadi kendaraan listrik. Toyota memiliki alasan tersendiri mempertahankan mesin pembakaran internal.

Toyota GR Yaris H2Dok. Carbuzz.com Toyota GR Yaris H2

"Terlalu awal untuk berkonsentrasi hanya pada satu opsi," ujar Shigeki Terashi, salah satu dewan direksi Toyota Motor Corporation (TMC), dikutip dari Carbuzz.com, Senin (13/6/2022).

Sebelumnya, Toyota sudah mengembangkan teknologi ini pada mobil balapnya. Kali ini, Toyota mencobanya pada salah satu model yang laris di pasaran, yakni Corolla Cross.

Baca juga: Pemerintah Minta Mobil Berbasis Hidrogen Antasena ITS Bisa Diproduksi Massal

Toyota kembangkan mesim berbahan bakar hidrogenDok. Carbuzz.com Toyota kembangkan mesim berbahan bakar hidrogen

Pada GR Yaris H2, dibekali dengan mesin turbo 3-silinder. Mesin tersebut dilengkapi juga dengan dua tangki gas hidrogen yang dikompres, dan diletakkan di bawah lantai. Seiring berkembangnya teknologi tersebut di ajang balap, Toyota akan mengaplikasikannya juga pada mobil jalanan.

Toyota GR Yaris H2Dok. Carbuzz.com Toyota GR Yaris H2

Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi Toyota. Dalam upaya untuk meningkatkan jangkauan perjalanan Corolla, Toyota bekerja keras mencoba memasang hidrogen cair.

Hidrogen cair diklaim memiliki beberapa manfaat. Selain membuat jarak mengemudi menyamai mobil bermesin konvensional, tetapi juga akan sangat mengurangi ukuran stasiun pengisian hidrogen.

Alasan untuk peningkatan jangkauan ini adalah karena hidrogen cair memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com