Izin Impor Sulit, Inden Moge Kawasaki Jadi Tambah Lama

Kompas.com - 13/06/2022, 09:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan tak akan memasukkan Kawasaki Z650RS ke Indonesia dalam waktu dekat. Motor naked sport retro itu terkendala sulitnya izin impor saat ini.

Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales and Promotion PT KMI, mengatakan, bahkan model-model lain yang sudah dijual di Indonesia dan mesti impor CBU dari luar negeri ikut kena imbasnya.

Baca juga: Ini Alasan Tampilan Suzuki Ertiga Hybrid Tidak Banyak Berubah

Hasilnya kata Michael, dealer yang tugasnya berjualan menjadi kesulitan menjaga stok unit. Sebab jika ada konsumen yang pesan, inden jadi sangat lama, dan di satu sisi merugikan konsumen.

Kawasaki Ninja ZX-10R MY2022 dengan pilihan warna baruDok. Kawasaki Kawasaki Ninja ZX-10R MY2022 dengan pilihan warna baru

“Indennya luar biasa lama, intinya kalau baru dapat izin impor baru kita buka order atau inden," kata Michael yang ditemui saat peluncuran KLX230S dan KLX230SM di JIExpo, akhir pekan lalu.

"Jadi konsumen itu harus nunggu dari pabrikan, karena akan percuma juga kalau mau pesan atau inden barangnya tidakakan datang kalau tidak dibuka. Kita sudah edukasi ke dealer untuk tidak boleh buka pemesanan atau inden jika barang tidak siap atau tidak ada arahan dari KMI," katanya.

Michael mengatakan, kesulitannya ialah lama indennya tidak pasti tergantung keadaan. Namun rata-rata antara tiga sampai enam bulan.

Baca juga: Konsumen Mobil Mewah Lebih Cepat Beralih ke Kendaraan Listrik

Kawasaki Z900RS Cafe di IIMS 2018.KOMPAS.COM-Donny Apriliananda Kawasaki Z900RS Cafe di IIMS 2018.

“Untuk waktu inden bervariasi tergantung keadaan, misalnya pemerintah membuka izin impor dari sekarang, mungkin kita order impor dari Jepangnya bisa inden 4 sampai 5 bulan, untung-untungan," kata Michael.

Selain soal izin impor, untuk beberapa model indennya bakal lebih panjang lagi sebab saat ini pabrikan otomotif sedang kekurangan pasokan cip semikonduktor.

"Belum lagi masalah shortage semikonduktor yang banyak dibutuhkan pada motor besar kami, belum tentu 4-5 bulan, bisa saja 6 sampai 7 bulan, itu tergantung dari dokumentasi impor sama negara asal pembuatnya," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.