Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur, Hari Ini Jalur Puncak Terapkan Ganjil Genap

Kompas.com - 31/05/2022, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur nasional Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022, Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang akan menuju kawasan Puncak.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, implementasi ganjil genap di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan dilakukan mulai hari ini (31/5/2022).

"Dari sore ini sudah mulai (ganjil genap), pukul 14.00 WIB ya," kata Ketut, dikutip dari Korlantas Polri, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di Jakarta Masih Berlaku di 13 Ruas Jalan

Menurut Ketut, penerapan ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021.

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

 

Kebijakan pembatasan kendaraan sudah diberlakukan sejak H-1 libur nasional dan setiap akhir pekan, dari Jumat-Minggu.

Sementara untuk penerapan pada 1 Juni 2022, Ketut mengatakan bila ganjil genap akan dilakukan sepanjang hari atau selama 24 jam.

Tak hanya itu, rekayasa lalu lintas juga disiapkan secara situasional untuk mengatasi kepadatan. Adapun penanganannya akan mengambil skema satu arah atau one way dari Jakarta menuju Puncak dan sebaliknya.

Baca juga: Kemenhub Ingatkan Pentingnya Stiker Pemantul Cahaya pada Truk Barang

"(One way) kita masih akan melihat situasinya, apabila ada kepadatan kita berlakukan. Kalau tidak ada ya tidak kita berlakukan one way," ucap Ketut.

Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.

Meski demikian, Ketut memprediksi libur Hari Lahir Pancasila pada Rabu (1/6/2022) tak terjadi lonjakan volume kendaraan yang signifikan. Arus kendaraan diperkirakan sama seperti momen akhir pekan biasanya di Jalur Puncak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com