Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Libur, Hari Ini Jalur Puncak Terapkan Ganjil Genap

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur nasional Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022, Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap bagi kendaraan yang akan menuju kawasan Puncak.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana mengatakan, implementasi ganjil genap di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, akan dilakukan mulai hari ini (31/5/2022).

"Dari sore ini sudah mulai (ganjil genap), pukul 14.00 WIB ya," kata Ketut, dikutip dari Korlantas Polri, Selasa (31/5/2022).

Menurut Ketut, penerapan ganjil genap di kawasan Puncak, Bogor, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021.

Kebijakan pembatasan kendaraan sudah diberlakukan sejak H-1 libur nasional dan setiap akhir pekan, dari Jumat-Minggu.

Sementara untuk penerapan pada 1 Juni 2022, Ketut mengatakan bila ganjil genap akan dilakukan sepanjang hari atau selama 24 jam.

Tak hanya itu, rekayasa lalu lintas juga disiapkan secara situasional untuk mengatasi kepadatan. Adapun penanganannya akan mengambil skema satu arah atau one way dari Jakarta menuju Puncak dan sebaliknya.

"(One way) kita masih akan melihat situasinya, apabila ada kepadatan kita berlakukan. Kalau tidak ada ya tidak kita berlakukan one way," ucap Ketut.

Meski demikian, Ketut memprediksi libur Hari Lahir Pancasila pada Rabu (1/6/2022) tak terjadi lonjakan volume kendaraan yang signifikan. Arus kendaraan diperkirakan sama seperti momen akhir pekan biasanya di Jalur Puncak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/31/113100015/jelang-libur-hari-ini-jalur-puncak-terapkan-ganjil-genap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke