Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagi Pengemudi Pemula, Begini Cara Atasi Mobil Gagal Menanjak

Kompas.com - 31/05/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian mobil yang gagal menanjak di tanjakan memang bisa menjadi hal yang mengerikan. Ada perasaan takut mobil tidak kuat menanjak sehingga bisa mundur tidak terkendali.

Selain itu, memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan mobil gagal menanjak. Misal seperti kondisi mobil yang kurang prima, jalanan yang tidak rata atau licin, sampai salah cara mengemudikan.

Lalu sebagai pengemudi, bagaimana cara agar tidak panik ketika mobil tidak bisa menanjak?

Baca juga: Begini Teknik Menginjak Pedal Gas Saat Kondisi Jalan Macet di Tanjakan

Viral video Toyota Kijang Innova Kesulitan Nanjaktiktok.com/@deddy.traveler Viral video Toyota Kijang Innova Kesulitan Nanjak

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, usahakan agar pengemudi tidak panik dan tetap tenang walaupun mobil tidak bisa menanjak saat percobaan pertama.

"Tenangkan pikiran dan introspeksi diri apa yang menjadi masalah sehingga gagal menanjak," ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Masalah mobil yang gagal menanjak bisa karena kurangnya kecepatan atau momentum saat mau melewatinya. Selain itu bisa juga karena salah memilih gigi transmisi sehingga mobil terasa kehabisan napas.

Baca juga: Pengendara Motor Terjerat Tali Layangan di Jembatan Pasupati


"Hal kedua yang dilakukan adalah cari rumus operasional yang benar dan jadikan referensi pada percobaan berikutnya," kata Sony.

Jadi mobil bisa mundur secara perlahan ke permukaan jalan yang lebih rata. Sehingga sebelum menemui tanjakan sudah membawa kecepatan atau momentum yang besar, selain itu juga pakai gigi yang rendah.

"Terakhir, lakukan percobaan berikutnya dengan percaya diri dan bisa dipandu orang lain," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com