Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/05/2022, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tak mengusung turbo seperti varian tertinggi, namun mesin naturally aspirated (NA) 1.500 cc All New HR-V juga sudah mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, generasi kedua HR-V tak lagi menggunakan mesin lawas tapi sudah mengusung 1.500 cc DOHC i-VTEC seperti yang digunakan All New BR-V dan City Hatchback.

Dibandingkan dengan mesin sebelumnya, kali ini tenaganya naik 1 tk menjadi 121 Ps atau 119,2 tk pada putaran 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Jadi Varian Andalan, Seberapa Mewah Fitur All New Honda HR-V SE?

Sekilas selisihnya memang tipis, bahkan terkesan tak ada perubahan berarti. Namun saat redaksi menjajalnya beberapa waktu, putaran tenaga bawahnya cukup responsif.

Kondisi tersebut membuat HR-V mudah diajak berakselerasi. Tak perlu terlalu dalam menginjak pedal gas, tenaga awal sudah siap memberikan dorongan menggerakkan roda depan.

Memiliki dimensi yang lebih besar ternyata tak membuat pengendara repot mengendalikan HR-V di tengah kemacetan Ibu Kota. Justru sebaliknya, dengan handling yang makin persisi dan tenaga yang responsif, membuat SUV ini makin lincah.

Demikian juga saat melakukan road trip singkat ke luar kota via jalan tol. Tak sulit bagi HR-V untuk menyentuh kecepatan 100 hingga 120 kpj.

Namun demikian, redaksi masih merasakan adanya sedikit delay ketika pedal gas diinjak habis, alias kickdown.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Ertiga Smart Hybrid, Mulai Rp 270 Jutaan

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

 

Walau tak memungkinkan merasakan sensasi putaran atas, tapi setidaknya sudah ada sedikit gambaran soal performa mesin 1.500 cc DOHC yang digunakan saat ini.

Tak lupa, bila butuh tenaga yang lebih responsif, pengendara bisa mengendalikan perpindahan percepatan sistem transmisi CVT melalui tuas paddle shift yang berada di bekalang kemudi, sembari memindahkan tuas ke posisi S.

Sementara untuk bantingan suspensi, All New HR-V masih mengusung karakter SUV compact yang dibuat sedikit nyaman untuk penggunaan sehari-hari. Namun bagi yang biasa mengendarai hatchback atau MPV, pastinya akan berkomentar sedikit keras.

Dari pengujian singkat redaksi, secara keseluruhan sajian performa All New Honda HR-V masih cukup baik.

Baca juga: Bahas Interior All New Honda HR-V SE yang Lebih Berisi

Tenaga yang dihasilkan mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC terasa cukup mengakomodir penggunaan harian, termasuk sisi fun to drive yang makin bertambah dengan adanya ragam fitur baru.

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

Untuk pengujian di medan yang sedikit menantang atau sesuai dengan habitat HR-V sebagai SUV, masih menjadi "pekerjaan rumah" untuk redaksi pada kesempatan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com