Kompas.com - 16/05/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tak mengusung turbo seperti varian tertinggi, namun mesin naturally aspirated (NA) 1.500 cc All New HR-V juga sudah mengalami peningkatan.

Seperti diketahui, generasi kedua HR-V tak lagi menggunakan mesin lawas tapi sudah mengusung 1.500 cc DOHC i-VTEC seperti yang digunakan All New BR-V dan City Hatchback.

Dibandingkan dengan mesin sebelumnya, kali ini tenaganya naik 1 tk menjadi 121 Ps atau 119,2 tk pada putaran 6.600 rpm dengan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm.

Baca juga: Jadi Varian Andalan, Seberapa Mewah Fitur All New Honda HR-V SE?

Sekilas selisihnya memang tipis, bahkan terkesan tak ada perubahan berarti. Namun saat redaksi menjajalnya beberapa waktu, putaran tenaga bawahnya cukup responsif.

Kondisi tersebut membuat HR-V mudah diajak berakselerasi. Tak perlu terlalu dalam menginjak pedal gas, tenaga awal sudah siap memberikan dorongan menggerakkan roda depan.

Memiliki dimensi yang lebih besar ternyata tak membuat pengendara repot mengendalikan HR-V di tengah kemacetan Ibu Kota. Justru sebaliknya, dengan handling yang makin persisi dan tenaga yang responsif, membuat SUV ini makin lincah.

Demikian juga saat melakukan road trip singkat ke luar kota via jalan tol. Tak sulit bagi HR-V untuk menyentuh kecepatan 100 hingga 120 kpj.

Namun demikian, redaksi masih merasakan adanya sedikit delay ketika pedal gas diinjak habis, alias kickdown.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Ertiga Smart Hybrid, Mulai Rp 270 Jutaan

All New Honda HR-V SEKOMPAS.com/Adityo Wisnu All New Honda HR-V SE

 

Walau tak memungkinkan merasakan sensasi putaran atas, tapi setidaknya sudah ada sedikit gambaran soal performa mesin 1.500 cc DOHC yang digunakan saat ini.

Tak lupa, bila butuh tenaga yang lebih responsif, pengendara bisa mengendalikan perpindahan percepatan sistem transmisi CVT melalui tuas paddle shift yang berada di bekalang kemudi, sembari memindahkan tuas ke posisi S.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.