Adu Kebut Motor Listrik Ducati V21L Lawan Desmosedici

Kompas.com - 18/05/2022, 16:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati akan menggantikan Energica sebagai pemasok motor listrik untuk MotoE untuk 2023. Ducati akan memasok motor listrik bernama Ducati V21L.

Prototipe Ducati V21L makin sering dites sebelum perilisan resmi. Terbaru motor dites oleh pensiunan pebalap WSBK, Chaz Davies bersama dengan pebalap tes Ducati Michele Pirro.

Keduanya memakai motor berbeda, Davies memakai prototipe V21L sedangkan Pirro memakai Desmosedici yang dipakai di balap kelas premier MotoGP.

Baca juga: Aturan Perjalanan Darat Terbaru, Tak Perlu PCR atau Antigen

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chaz Davies (@chazdavies7)

 

Davies membagikan tayangan video saat dia mengetes V21L lewat akun media sosial. Kedua pebalap itu mengetes lewat start diam.

"Bersiaplah untuk peluncuran ! Beberapa latihan dimulai bersama @michelepirro51 untuk mengakhiri 2 hari pengujian yang luar biasa dengan proyek Ducati MotoE," tulis Davies, dikutip Rabu (18/5/2022). 

Pada awal start V21L terlihat lebih kencang, meski di pertengahan motor listrik tersebut kalah tenaga dari Desmosedici GP.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman buat yang Pertama Kali Naik Bus AKAP

Meski kalah tapi membuktikan bahwa prototipe V21L sangat bertenaga. Lebih dari itu, motor ini baru kembangkan oleh Ducati, sedangkan Desmosedici sudah lebih dari satu dekade.

Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoEDok. Ducati Prototype V21L, motor balap elektrik buatan Ducati untuk MotoE

Prototipe Ducati V21L sudah beberapa kali dites. Pada akhir tahun lalu, Pirro juga pernah mengetes motor ini dalam sesi tertutup di Sirkuit Misano, Italia.

Baca juga: Terjadi Lagi, Sekelompok Bocah Nekat Hadang Truk di Tengah Jalan

Saat itu dia mengatakan motor ini terasa mirip Desmosedici hanya tanpa suara. Tenaganya pun saat itu dibatasi hanya 70 persen.

Adapun sampai saat ini pabrikan Borgo Panigale belum membukan data teknis prototipe Ducati V21.

"Jika bukan karena suaranya yang senyap dan dalam tes ini kami memutuskan untuk membatasi tenaganya menjadi 70 persen, saya pasti berpikir sedang mengendarai motor saya sendiri," ujar Pirro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.