Setelan AC Mobil yang Pas Saat Suhu Panas di Indonesia Terjadi

Kompas.com - 12/05/2022, 07:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas terik sedang melanda beberapa bagian di wilayah Indonesia pada beberapa hari belakangan ini.

Bagi pengemudi mobil yang sering bepergian siang hari, Air Conditioner (AC) tentu sudah menjadi suatu keharusan agar tetap nyaman saat berkendara.

Kerap menjadi perdebatan dalam penggunaan AC di mobil pada cuaca panas, lebih efektif memutar suhu ke posisi paling dingin atau justru menambah putaran kipas supaya embusan makin kencang.

Baca juga: Mobil Pribadi Mendominasi Pergerakan Mudik 2022

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, untuk pengaturan suhu dikembalikan kepada pengguna mobil, karena masing masing berbeda-beda.

“Kalau suhu paling dingin namun embusan blower pelan, membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

Jadi yang terpenting menurut Didi, pengaturan suhunya nyaman bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil, tidak kedinginan dan tidak kepanasan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi.

Menurutnya, suhu AC saat panas terik bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara dan penumpang.

“Jadi tidak ada nilai standar, keduanya (suhu ke posisi paling dingin atau menambah putaran kipas) bisa diterapkan sesuai kebutuhan. Bisa disetel dari temperatur dulu baru kemudian blower AC,” kata Bambang.

Kendati demikian, pada mobil kelas menengah biasanya sudah memiliki fitur pengaturan AC secara otomatis atau auto AC. Fitur ini bisa dimanfaatkan pengemudi untuk mengatasi cuaca panas pada kabin mobil.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.