Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Mudik, Jangan Tunda Ganti Oli Mobil Bbila Sudah Waktunya

Kompas.com - 25/04/2022, 11:42 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim mudik sudah datang, ada baiknya anda persiapkan semuanya dengan matang. Termasuk mengecek kondisi mobil yang akan digunakan.

Perjalanan jauh seperti pulang kampung, membutuhkan performa mesin yang sehat. Karena itu, baiknya melakukan servis kendaraan sebelum berangkat mudik.

Seperti diketahui, salah satu ritual saat servis adalah mengganti oli mesin. Hal ini cukup penting karena berguna menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Baca juga: Ini Jadwal Uji Coba Ganjil Genap Arus Mudik di Tol, Senin sampai Rabu

Imam Suyudi, Section Head Technical Quality 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, mobil yang memang sudah waktunya melakukan servis baiknya jangan ditunda, dan segera melakukan penggantian oli sesuai kilometer atau waktu pemakaian.

ExxonMobil melalui merek Mobil Lubricants meluncurkan beberapa produk yang telah memenuhi standar terbaru American Petroleum Institute SP (API SP).DOK. EXXONMOBIL ExxonMobil melalui merek Mobil Lubricants meluncurkan beberapa produk yang telah memenuhi standar terbaru American Petroleum Institute SP (API SP).

"Sebaiknya, ganti oli sesuai kilometer atau berbatas waktu. Oli yang memang disarankan APM atau pabrikan, tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi mesin atau kendaraan," jelas Imam, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imam menambahkan, sekarang ini oli mesin sudah dirancang untuk jarak tempuh hingga 10.000 km. Namun, harus disadari bahwa kondisi jalan yang mancet mengakibatkan mesin bekerja terus-menerus, meski mobil dalam posisi diam.

"Sementara kendaraan tidak jalan, sehingga suhu oli menjadi tinggi. Maka itu, bengkel sering kali rekomendasi penggantian oli menjadi tiap 5.000 km," kata Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com