Pemudik Arah Bandung Via Tol Cikampek Diminta Gunakan Lajur Kiri

Kompas.com - 22/04/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang akan mudik melintas Tol Jakarta-Cikampek ke arah Bandung atau ke arah tol Purbaleunyi, diimbau untuk selalu menggunakan lajur di sebelah kiri saat mudik nanti.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi menjelaskan, ini karena para pengendara nantinya akan belok ke arah kiri saat berada di KM 66.

"Rekan-rekan dipastikan tidak akan menemukan crossing sebagai salah satu kendala di jalan tol, tinggal nanti belok kiri di KM 66 menuju arah Cipularang," ucap Firman, seperti dikutip Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Sedangkan bagi warga yang hendak mudik ke arah Cirebon, Semarang (tol Trans Jawa) diimbau untuk berada di lajur B, jalur yang biasa digunakan untuk ke arah Jakarta.

Baca juga: Mudik Lebaran, Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Meningkat 48 Persen

"Sebaliknya saudara-saudara yang akan menuju arah timur Cirebon, Semarang, dan seterusnya, silahkan manfaatkan di Km 47 kita akan buka bisa mengisi lajur B yang biasanya untuk ke arah Jakarta menuju Timur ke arah Kalikangkung," ucap Firman.

Untuk mengantisipasi kepadatan yang akan terjadi selama arus mudik pada libur Lebaran mendatang, polisi juga sudah menyiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas.

Beberapa skema yang telah disiapkan, di antaranya adalah ganjil genap dan one way. Sistem ini akan diberlakukan selama arus mudik maupun arus balik, yaitu tanggal 28 April 2022 - 1 Mei 2022 dan 6 - 7 Mei 2022.

Ilustrasi Tol Ngawi Shutterstock/Azizmb98 Ilustrasi Tol Ngawi

Baca juga: DFSK Mulai Diterpa Masalah Serius, Puluhan Karyawan Kena PHK

Pemberlakuan ganjil genap diterapkan pada ruas-ruas yang melakukan one way. Tujuannya adalah untuk mengurangi jumlah masyarakat yang akan melakukan perjalanan melalui tol.

"Gage yang kami lakukan diberlakukan pada ruas-ruas yang melakukan one way. Kamis tanggal 28 April, one way dari jam 17.00 sampai 24.00 WIB mulai Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung," ucap Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam siaran YouTube FMB9ID_IKP, Senin (18/4/2022).

Skema ini akan diberlakukan secara situasional, bergantung terhadap perubahan pemberlakuan kebijakan sesuai dengan diskresi kepolisian setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.