Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Posisi Duduk Mengemudi Wanita Hamil yang Aman

Kompas.com - 24/03/2022, 11:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Mengendarai mobil kini menjadi aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi wanita, begitu pula dengan wanita yang sedang hamil.

Wanita yang tengah mengandung mengendarai kendaraan roda empat sudah menjadi hal yang umum. Namun, kerapkali wanita pengendara yang hamil lupa jika sedang mengandung.

Baca juga: Ini Ragam Kerugian Akibat Kendaraan ODOL

Alhasil, saat mengemudikan mobil menjadi tidak aman dan nyaman. Salah satunya adalah posisi duduk yang kurang tepat dilakukan oleh wanita hamil.

Kebanyakan, wanita hamil yang mengendarai mobil secara mandiri terlalu dekat dengan setir. Bahkan, jarak perut dan setir terlalu rapat.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG (K) FER MARS mengatakan jika posisi duduk pengemudi wanita hamil terlalu dekat dengan setir mobil sangat berbahaya.

Ilustrasi pengendara wanita.AFP PHOTO/FAYEZ NURELDINE Ilustrasi pengendara wanita.

Posisi duduk saat menyetir perlu menjadi perhatian. Pada trimester ketiga, hal ini perlu menjadi perhatian agar setir tidak menekan janin ibu hamil,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini.

Cepi menyarankan agar ibu hamil yang mengemudikan mobil harus mengusahakan tidak terlalu dekat setir. Posisi duduk yang ideal yaitu terdapat jarak yang cukup luas antara setir dan perut ibu hamil.

Baca juga: Ibu Hamil, Ini Cara Pakai Sabuk Pengaman Mobil yang Benar

Baiknya, posisi setir dapat lebih diusahakan untuk mendekati dada ibu hamil bukan perut. Selain itu, penggunaan sabuk pengaman harus diperhatikan agar tidak menekan janin ibu hamil. Dampak buruknya, ibu hamil rentan alami keguguran jika posisi duduk terlalu dekat dengan setir mobil.

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting menambahkan, jika terlalu dekat dengan setir mobil akan membahayakan kandungan.

“ Apabila terjadi kecelakaan, air bag akan mudah mengenai perut,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Air bag merupakan perangkat keselamatan mobil yang mayoritas disematkan pada setir. Kantung udara ini akan mengembang apabila sensor mobil mendeteksi adanya sebuah benturan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com