Ibu Hamil, Ini Cara Pakai Sabuk Pengaman Mobil yang Benar

Kompas.com - 23/03/2022, 19:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak ada larangan bagi ibu hamil berkendara menggunakan mobil. Bukan hanya sebagai penumpang saja, wanita hamil juga diperbolehkan mengendarai mobil selama kondisinya memungkinkan.

Namun masih banyak yang tidak menerapkan cara berkendara yang ramah pada ibu hamil. Saat di mobil, penggunaan sabuk pengaman yang tepat bagi ibu hamil juga memiliki cara sendiri.

Baca juga: Harga Aksesoris New Honda Genio di Dealer Jakarta-Tangerang

Kondisi pengendara wanita yang hamil berbeda dengan wanita yang tidak hamil, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diterapkan agar mengemudi lebih aman.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi dan Reproduksi Primaya Evasari Hospital, dr. Cepi Teguh Pramayadi, Sp. OG (K) FER MARS mengatakan jika ada cara penggunaan sabuk pengaman bagi ibu hamil.

“Wanita pada trimester kedua kehamilan sering merasakan keluhan tidak nyaman dan mual terutama saat menggunakan sabuk pengaman,” kata Cepi saat dihubungi oleh Kompas.com baru-baru ini.

Tubuh seorang wanita melalui banyak perubahan hormon selama dan sesudah kehamilan. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dan juga bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba selama periode ini.FREEPIK Tubuh seorang wanita melalui banyak perubahan hormon selama dan sesudah kehamilan. Perubahan hormon ini dapat memengaruhi suasana hati dan juga bisa menjawab kenapa kita menangis tiba-tiba selama periode ini.

Perubahan fisiologis pada wanita hamil seringkali menyebabkan wanita hamil jarang menggunakan sabuk pengaman. Hal inilah yang membuat ibu hamil meningkatkan risiko bahaya akibat kecelakaan.

Agar pengendara wanita yang hamil tetap aman dan juga melindungi kandungan, Cepi menyarankan teknik penggunaan sabuk pengaman yang tepat.

Caranya, pada bagian atas sabuk pengaman harus berada di antara payudara ibu. Lalu, bagian bawah sabuk pengaman tidak boleh menekan perut ibu hamil, namun berada di bawah perut ibu hamil, tepat melewati pinggang.

Baca juga: Tips dan Langkah Agar Kredit Kendaraan Tidak Bermasalah

Penggunaan sabuk pengaman ini bisa digunakan oleh wanita hamil yang mengendarai mobil atau sebagai penumpang.

Bagi ibu hamil yang mengendarai mobil secara mandiri, posisikan setir mobil agar tidak menekan perut. Pastikan terdapat jarak yang cukup antara posisi setir dan perut.

“Usahakan untuk tidak bepergian sendirian. Kecelakaan saat berkendara umum terjadi pada ibu hamil, sehingga selalu usahakan ada pendamping yang dapat mengawasi dan membantu saat berkendara,” tutup Cepi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.