Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Batal Ikut Balapan, Jokowi Jadi Jagokan Fabio Quartararo

Kompas.com - 21/03/2022, 09:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ternyata menjagokan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada perhelatan MotoGP Mandalika, Minggu (20/3/2022).

Namun sayangnya, Marquez tak bisa mengikuti balapan MotoGP Indonesia yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit lantaran mengalami kecelakaan yang cukup fatal saat sesi warm up.

Baca juga: Momen Jokowi Serahkan Trofi ke Pebalap MotoGP

Marquez dinyatakan tidak cukup fit oleh dokter setelah mengalami high side di tikungan tujuh. Bahkan insiden tersebut membuat motor dan tubuh Marquez terpental ke udara, hingga dirinya berujung terguling ke gravel. Beruntung Marquez masih bisa berjalan saat didampingi oleh marshal.

Tetapi, karena Marquez tidak bisa mengikuti balapan, Jokowi pun mengalihkan dukungannya kepada pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo.

Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) menyerahkan trofi kepada pembalap Prancis Monster Energy Yamaha,  Fabio Quartararo (kiri) setelah balapan MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (20/3/2022).AFP/SONNY TUMBELAKA Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) menyerahkan trofi kepada pembalap Prancis Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (kiri) setelah balapan MotoGP Mandalika di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (20/3/2022).

“Jagoannya Marc Marquez, tapi karena dia tidak ikut ganti ke Fabio Quartararo, juara dua,” ucap Jokowi, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022).

Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah memberikan dukungan penuh pada gelaran internasional tersebut.

Sebagai informasi, gelaran perdana MotoGP Mandalika berhasil dimenangkan oleh rider Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira. Sementara di posisi kedua ada pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo, diikuti oleh pebalap Pramac Ducati Johann Zarco.

Baca juga: Oliveira Jadi Pebalap Pertama yang Raih Kemenangan di GP Mandalika

Ajang MotoGP Mandalika tentu menjadi momen yang spesial, mengingat, ini merupakan pertama kalinya Indonesia dipercayai menggelar ajang balap internasional setelah 25 tahun silam.

Sebelumnya, Indonesia kali terakhir menjadi tuan rumah balap Grand Prix pada 1997. Saat itu balapan berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, dengan nama Marlboro Indonesia Grand Prix.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com