Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helm Gelinding di Tengah Jalan, Ingat Pentingnya Bunyi Klik

Kompas.com - 04/03/2022, 17:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor di jalan raya yang ramai membutuhkan konsentrasi tinggi. Karena jika kurang fokus bisa mudah terjadi kecelakaan.

Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, memperlihakan ada helm yang jatuh kemudian menggelinding di tengah jalan.

Meski cuma helm, objek seperti itu bisa membahayakan pengendara lain di belakangnya. Sebab jika terlindas bisa membuat pengendalian terganggu dan bukan tak mungkin jatuh.

Baca juga: Viral Derek Resmi di Tol Jagorawi Ditembak Rp 1 Juta, Ini Tarif Resmi Jasa Marga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Di sisi lain, helm yang menggelinding tersebut membuktikan masih lemahnya pemahaman masyarakat mengenai safety gear. Tak sedikit yang memakai helm tapi tanpa dikancing.

Alhasil jika terkena angin dari depan helm bisa jatuh dari kepala. Jamak juga terlihat helm tidak dipakai tapi ditaruh di bagian tengah motor. Sehingga memungkinkan helm jatuh.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kontrak Rusia dengan Formula 1 Diputus, Tidak Ada Lagi Balapan

Helm full faceDok. DAM Helm full face

Cara memilih helm juga jangan semabarangan. usahakan bagian kepala melekat rapat pada helm. Karena itu helm mempunyai label ukuran mulai dari XS, S, M, L, XL, dan XXL.

Huruf-huruf tersebut bukan menandakan besarnya benda pelindung kepala itu, melainkan lingkar rongga helm yang disesuaikan dengan lingkar kepala si pemakai.

Ukuran "S" direkomendasi untuk yang mempunyai lingkar kepala 56-57 cm, sedangkan "M" = 58 cm, "L" = 59-60 cm, "XL" = 61-62 cm, dan "XXL" = 62-64 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com