Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan Umum Saat Parkir Mobil Matik, Asal Injak Pedal Gas

Kompas.com - 07/02/2022, 12:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, memarkirkan mobil dalam posisi mundur merupakan aktivitas yang menantang, bahkan bisa dikatakan sulit.

Sebab untuk bisa melakukan hal tersebut, tidak hanya kemampuan pengemudi yang diandalkan, tapi juga kewaspadaan terhadap kondisi sekitar mobil dan sikap pengemudi itu sendiri. Terlebih jika mobil yang digunakan bertransmisi matik.

Dikatakan oleh Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), bahwa sikap waspada harus selalu terpasang saat melakukan parkir dalam posisi mundur.

Baca juga: Mau Belajar Mengemudi, Lebih Baik Pakai Mobil Manual atau Matik?

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Disarankan agar pengemudi memposisikan kaki kanan pada pedal rem saja. Demi menghindari risiko salah injak pedal. Lantas untuk kaki kiri tetap pada posisi rileks tidak bekerja mengingat mobil yang dikendarai bertransmisi matik.

Kesalahan pengemudi saat memarkir mundur mobil matik adalah langsung menginjak pedal gas untuk menggerakan mobil. Padahal, pedal rem cukup diangkat perlahan. Jika membutuhkan tenaga dari mesin, menginjak pedal gas harus secara perlahan.

Saat parkir mundur, pengemudi wajib memastikan ruang atau lahan yang akan dipakai. Pastikan tidak ada halangan apapun yang menganggu saat mobil bergerak mundur.

Baca juga: Polisi Terapkan Lagi Pembatasan Mobilitas di Jakarta, Ini Ruas Jalan yang Ditutup

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Untuk mobil modern dengan teknologi kamera pada buritan, maksimalkan fungsinya beserta sensor parkir untuk mengurangi blind spot atau titik buta pengemudi sehingga mobil aman dan tidak akan menabrak.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

Ia mengingatkan pentingnya memastikan kondisi sekitar mobil benar-benar aman saat melakukan parkir mundur. Sebab terdapat risiko kecelakaan dalam kecepatan rendah saat pengemudi tengah melakukan parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com